Studi tentang ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing Program Keahlian Busana Butik di SMP Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang / Nailul Zakiyyatil Ngirfanillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing Program Keahlian Busana Butik di SMP Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang / Nailul Zakiyyatil Ngirfanillah

Ngirfanillah, Nailul Zakiyyatil (2014) Studi tentang ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing Program Keahlian Busana Butik di SMP Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang / Nailul Zakiyyatil Ngirfanillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ngirfanillah Nailul Zakiyyatil. 2014. Studi Tentang Ketercapaian Kompetensi Mata Pelajaran Fashion Drawing Program Keahlian Busana Butik di SMK Terpadu AL-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd (II) Dra. Idah Hadijah M.Pd Kata Kunci Ketercapaian Kompetensi Mata Pelajaran Fashion Drawing 12288 12288 12288 12288 Ketercapaian kompetensi dasar adalah pencapaian sejumlah kemampuan oleh siswa yang harus dimiliki sebagai rujukan bahwa siswa tersebut telah menguasai materi yang telah diberikan untuk bekal kehidupannya dalam bermasyarakat. Fashion drawing merupakan program keahlian yang diturunkan dari kurikulum SMK yang dipilih oleh SMK Terpadu AL-Ishlahiyah Singosari. Berdasarkan hasil survey ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing belum sesuai dengan kompetensi dasar yang seharusnya terdapat pada silabus. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing program keahlian Busana Butik di SMK Terpadu AL-Ishlahiyah Singosari. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI Busana Butik SMK Terpadu AL-Ishlahiyah yang berjumlah 23 siswa tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik sampel jenuh instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis statistik desktiptif dengan persentase. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing di SMK Terpadu AL-Ishlahiyah tidak tercapai. Hal tersebut dapat diketahui dari materi RPP yang tidak sesuai/relevan dengan silabus kemudian materi RPP tidak sesuai/tidak relevan dengan materi fashion drawing. Selain itu kompetensi fashion drawing yang diberikan terhadap siswa tidak tercapai serta tingkat penguasaan siswa tentang pengetahuan dan keterampilan kompetensi fashion drawing yang seharusnya dicapai kurang dikuasai oleh siswa dan SDM/pengajar yang tidak relevan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda dari hasil penelitian tersebut bahwa ketercapaian kompetensi mata pelajaran fashion drawing program keahlian busana butik di SMK terpadu AL-Ishlahiyah dinyatakan tidak tercapai. Sesuai dengan hasil penelitian adapun saran pada skripsi ini diberikan kepada guru untuk dijadikan acuan bahwa dalam menyampaikan kompetensi mata pelajaran fashion drawing serta dalam pembuatan RPP sebaiknya disesuaikan dengan silabus dan materi fashion drawing sehingga kompetensi yang dimiliki siswa dapat tercapai dengan baik. Bagi siswa agar lebih meningkatkan belajarnya lebih aktif dalam mendalami fashion drawing ini melalui media internet perpustakaan dan lain sebagainya sehingga dapat mendapatkan tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan kompetensi fashion drawing dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49052

Actions (login required)

View Item View Item