Identifikasi lama masa studi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2007 s/d 2009 Universitas Negeri Malang / Endah Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi lama masa studi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2007 s/d 2009 Universitas Negeri Malang / Endah Purwaningtyas

Purwaningtyas, Endah (2014) Identifikasi lama masa studi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2007 s/d 2009 Universitas Negeri Malang / Endah Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwaningtyas Endah. 2013. Identifikasi Lama Masa Studi Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Angkatan 2007 s/d 2009 Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakuktas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nurul Aini M.Pd (2) Agus Sunandar S.Pd M.Sn. Kata Kunci Identifikasi Lama Masa Studi Faktor Internal Faktor Eksternal. Masa studi adalah waktu yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program pendidikannya terhitung sejak pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Negeri Malang. Masa studi digunakan untuk menentukan kualitas lulusan mahasiswa. Jika ingin memiliki kualitas yang baik mahasiswa harus menyelesaikan studi sesuai dengan masa studi yang telah ditetapkan berdasarkan program studi yang diambil. Mahasiswa yang lulus tepat waktu dengan Indeks Prestasi Komulatif yang cukup memiliki kualitas yang baik dibandingan dengan mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu dengan Indeks Prestasi Komulatif yang baik. Banyak mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2007 s/d 2009 yang menyelesaikan studi melebihi batas masa studi ideal yang ditentukan yaitu 4 tahun (delapan semester). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lama masa studi mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana jurusan Teknologi Industri angkatan 2007 s/d 2009 secara mendalam meliputi faktor internal dan eksternal. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2007 s/d 2009 yang berjumlah 152 mahasiswa diambil dengan teknik proportional stratified random sampling sehingga sampel yang didapat dalam penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 60 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa identifikasi lama masa studi mahasiswa berkaitan dengan jumlah lulusan dan masa studi yang ditempuh mahasiswa memiliki jumlah persentase kelulusan tertinggi adalah mahasiswa angkatan 2007 yaitu berjumlah (62 50%) yang memiliki jumlah persentase kelulusan sedang adalah mahasiswa angkatan 2008 yaitu berjumlah (51 02%) dan mahasiswa yang memiliki jumlah persentase kelulusan terendah adalah mahasiswa angkatan 2009 yaitu berjumlah (0 00%). Masa studi yang ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan studi memiliki jumlah persentase tertinggi adalah mahasiswa menyelesaikan studi dengan lama studi 9 semester yaitu berjumlah (37 18%) Masa studi yang ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan studi memiliki jumlah persentase sedang adalah mahasiswa menyelesaikan studi dengan lama studi 8 semester yaitu berjumlah (14 29%) dan masa studi yang ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan studi memiliki jumlah persentase terendah adalah mahasiswa menyelesaikan studi dengan lama studi 13 semester yaitu berjumlah (3 17%). Berdasarkan hasil analisis faktor internal yang menyebabkan keterlambatan masa studi mahasiswa memiliki jumlah persentase tertinggi pada faktor ekonomi berkaitan dengan biaya kuliah berjumlah (48 6%) jumlah persentase sedang pada faktor ekonomi berkaitan dengan biaya kuliah sendiri berjumlah (30%) dan jumlah persentase terendah pada faktor ekonomi berkaitan dengan biaya kuliah dari keluarga berjumlah (16%). Kebanyakan mahasiswa memperoleh uang biaya kuliah dari orang tua mereka (92%) dan mereka merasa kesulitan untuk membiayai praktikum dan uang kontrakan (50%). Hal ini terbaca pada data yang menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa menggunakan sebagaian waktunya untuk bekerja demi memenuhi kekurangan biaya yang dialaminya. Faktor pekerjaan memiliki jumlah persentase tertinggi yang mempengaruhi lama masa studi adalah berkaitan dengan mahasiswa bekerja berjumlah (58%) jumlah persentase sedang pada faktor pekerjaan yang mempengaruhi lama masa studi adalah berkaitan dengan mahasiswa tidak bisa memanage waktu berjumlah (34%) dan jumlah persentase terendah pada faktor pekerjaan yang mempengaruhi lama masa studi adalah berkaitan dengan pekerjaan mengganggu kegiatan kuliah berjumlah (20%). Masalah kesehatan memiliki jumlah persentase tertinggi adalah berkaitan dengan penyakit kadang mengganggu kegiatan perkuliahan berjumlah (30%) jumlah persentase sedang pada masalah kesehatan adalah berkaitan dengan mahasiswa memiliki penyakit bawaan berjumlah (26%) dan jumlah persentase terendah pada masalah kesehatan adalah berkaitan dengan penyakit mengganggu kegiatan perkuliahan berjumlah (10%). Faktor internal berkaitan dengan motivasi memiliki jumlah persentase tertinggi pada dukungan dari teman atau sahabatnya yaitu sebesar (94%) jumlah persentase sedang pada faktor motivasi adalah berkaitan dengan keluarga yang kurang mendukung kegiatan perkuliahan berjumklah (62%) dan jumlah persentase terendah pada faktor motivasi adalah berkaitan dengan orang tua terkadang mendukung kegiatan perkuliahan berjumlah (6%). Masalah pribadi memiliki jumlah persentase tertinggi adalah berkaitan dengan mahasiswa yang kadang-kadang malas berjumlah (80%) jumlah persentase sedang pada masalah pribadi adalah berkaitan dengan mahasiswa kurang bersemangat mengerjakan tugas berjumlah (38%) dan jumlah persentase terendah pada masalah pribadi adalah berkaitan dengan mahasiswa malas berjumlah (12%). Faktor eksternal berkaitan masalah penyelesaian skripsi memiliki persentase tertinggi berasal dari dukungan pembimbing berjumlah (90%) jumlah persentase sedang pada masalah penyelesaian skripsi adalah berkaitan dengan intensitas bimbingan yang kadang teratur berjumlah (46%) dan jumlah persentase terendah pada masalah penyelesaian skripsi adalah berkaitan dengan intensitas bimbingan kurang teratur berjumlah (30%). Faktor eksternal lain yang mempengaruhi keterlambatan masa studi adalah faktor administratif yang berkaitan dengan surat menyurat memiliki persentase tertinggi adalah berkaitan dengan pengurusan surat ijin penelitian berjumlah (32%) jumlah persentase sedang pada faktor administratif adalah berkaitan dengan pengurusan surat seminar berjumlah (30%) dan jumlah persentase terendah pada faktor administratif adalah berkaitan dengan pengurusan surat ujian berjumlah (26%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Mahasiswa yang bekerja seharusnya bisa lebih memanage waktunya antara bekerja dan kuliah sehingga tugasnya sebagai mahasiswa dan pekerja dapat berjalan beriringan dengan baik tanpa mengganggu kegiatan perkuliahannya (2) Dukungan dari orang tua keluarga teman dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam kelancaran kegiatan perkuliahan seharusnya dukungan tersebut selalu diberikan kepada mahasiswa baik secara langsung maupun tidak langsung oleh orang tua keluarga dan teman pada khususnya (3) Mahasiswa seharusnya menyadari bahwa tugas akhir merupakan matakuliah yang harus segera diselesaikan. Oleh karena itu mahasiswa harus tetap semangat untuk bimbingan walaupun menghadapi berbagai rintangan (4) Mahasiswa yang mengalami keterlambatan studi seharusnya diberikan pembinaan sebagai langkah percepatan agar dapat lulus pada semester berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49045

Actions (login required)

View Item View Item