Studi relevansi lingkup pekerjaan praktik kerja industri siswa SMK Program Keahlian Tata Busana dengan kompetensi DU/DI tempat praktik kerja industri / Emma Romadhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi relevansi lingkup pekerjaan praktik kerja industri siswa SMK Program Keahlian Tata Busana dengan kompetensi DU/DI tempat praktik kerja industri / Emma Romadhoni

Romadhoni, Emma (2014) Studi relevansi lingkup pekerjaan praktik kerja industri siswa SMK Program Keahlian Tata Busana dengan kompetensi DU/DI tempat praktik kerja industri / Emma Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romadhoni Emma. 2013. Studi Relevansi Lingkup Pekerjaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Tata Busana dengan Kompetensi Du/Di Tempat Praktik Kerja Industri. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd (II) Dra. Nurul Aini M.Pd. Kata Kunci Relevansi tempat praktik kerja industri siswa prakerin 12288 12288 12288 12288 12288 Relevansi berarti kesesuaian antar komponen tujuan isi/pengalaman belajar organisasi dan juga sesuai kebutuhan masyarakat baik dalam pemenuhan tenaga kerja maupun warga masyarakat yang diidealkan. Kesesuaian dalam penelitian ini adalah kesesuaian antara kompetensi program keahlian tata busana dengan kompetensi yang terdapat di DU/DI tempat praktik kerja industri siswa SMK program keahlian tata busana. Studi tentang Relevansi Lingkup Pekerjaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Tata Busana dengan Kompetensi Du/Di Tempat Praktik Kerja Industri dibagi menjadi dua sub variabel custom-made dan garmen. Kesesuaian antara kompetensi program keahlian tata busana dengan kompetensi yang terdapat di DU/DI tempat praktik kerja industri siswa SMK program keahlian tata busana sesuai dengan SKKNI dan teori teknik pembuatan busana meliputi membuat pola memotong menjahit menghias busana membuat pelengkap busana dan penyelesaian/ finishing (pada kompetensi bidang custom-made) pembuatan sampel memotong bundling menjahit dan penyelesaian/ finishing (pada kompetensi bidang garmen). 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi lingkup pekerjaan yang dilakukan siswa SMK Program Keahlian Tata Busana di DU/DI tempat praktik kerja industri dengan kompetensi yang terdapat di DU/DI tempat praktik kerja industri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SMK program keahlian tata busana yang melaksanakan program prakerin pada tahun ajaran 2012/2013 yaitu siswa SMK N 3 Malang SMK N 5 Malang dan SMK n 7 Malang . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan jumlah pernyataan sebanyak 45 item untuk bidang custom-made dan 43 item untuk bidang garmen. Validitas instrumen angket diuji mengunakan validitas konstruk dan uji reliabiltasnya menggunakan test retest. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan relevansi lingkup pekerjaan praktik kerja industri siswa SMK program keahlian tata busana pada bidang custom-made responden sebanyak 39 siswa sebesar 43 59% menyatakan sangat relevan dan sebesar 38 46% menyatakan relevan untuk lingkup pekerjaan pada bidang custom-made dengan keterangan siswa prakerin sangat relevan dalam lingkup pekerjaan membuat pola memotong menjahit penyelesaian dan menyatakan relevan dalam lingkup pekerjaan menghias busana dan membuat pelengkap busana. Relevansi lingkup pekerjaan praktik kerja industri siswa SMK program keahlian tata busana pada bidang garmen responden sebanyak 8 siswa sebesar 50% menyatakan kurang relevan dan sebesar 12 50% menyatakan tidak relevan untuk lingkup pekerjaan pada bidang garmen dengan keterangan siswa prakerin menyatakan tidak relevan dalam lingkup pekerjaan pembuatan sampel memotong bundling dan menyatakan relevan dalam lingkup pekerjaan menjahit dan penyelesaian. Simpulan relevansi tempat praktik kerja industri siswa SMK program keahlian tata busana sangat relevan pada bidang custom-made dan kurang relevan pada bidang garmen. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah kompetensi bidang garmen untuk dimasukkan dalam kurikulum SMK Program Keahlian Tata Busana karena kurikulum yang sudah ada lebih mengarah pada kompetensi bidang cutom-made sehingga siswa sudah mendapatkan pengalaman belajar sebelum terjun prakerin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49043

Actions (login required)

View Item View Item