Penyelenggara In House Training tentang Smart Multimedia bagi guru (studi kasus di Uhud Education Malang) / Siti Amaroh

Amaroh, Siti (2012) Penyelenggara In House Training tentang Smart Multimedia bagi guru (studi kasus di Uhud Education Malang) / Siti Amaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pelatihan, In House Training, Uhud Education Malang Dewasa ini para guru dituntut untuk memiliki kompetensi pengembangan IT untuk pembuatan modul pembelajaran, menanggapai hal itu Uhud Education Malang menyelenggarakan pelatihan Smart Multimedia dan mendapat respon yang sangat luas dari para guru SD dalam waktu yang relatif singkat. Wilayah pelatihannya telah mencakup Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Jombang, Madura bahkan Kalimantan. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa respon masyarakat terhadap penyelenggaraan pelatihan di Uhud Education Malang begitu besar, bagaimana pola penyelenggaraanya pelatihannya, bagaimana pola rekrutmen peserta, seperti apa penerapan prinsip andragogis dalam pelaksanaan pelatihannya, serta dampak perubahan kompetensi yang dicapai oleh peserta. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pola penyelenggaraan in house training, pola rekrutmen peserta pelatihan, penerapan prinsip andragogis dalam pelatihan, tanggapan peserta terhadap pelaksanaan pelatihan serta perubahan kompetensi peserta pelatihan peserta di tempat kerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan. Kegiatan analisis data dilaksanakan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan. Dari penelitian ini diperoleh lima simpulan sebagai berikut. Pertama, pola penyelenggaraan in house training di Uhud dilaksanakan atas kerjasama dengan pihak sekolah. Pihak sekolah bertindak sebagai pihak penyelenggara kemudian pihak Uhud Education bertindak sebagai penyedia trainer pelatihan yang datang ke sekolah. Kedua, rekerutmen peserta pelatihan smart multimedia di Uhud Education tidak berdasarkan identifikasi kebutuhan pelatihan melainkan atas pertimbangan marketing. Ketiga, penerapan andragogis dalam pelaksanaan pelatihan belum dilaksanakan secara optimal antara lain terlihat dari struktur tempat duduk peserta yang berbanjar ke belakang sehinga peserta yang duduk dibelakang kurang mendapatkan perhatian penuh dari trainer pelatihan. Keempat, tanggapan peserta pelatihan terhadap pelaksanaan pelatihan cenderung positif. Hal tersebut dibuktikan dari tangapan peserta terhadap kegiatan pelatihan bermanfaat dan menyenangkan. Kelima, dampak perubahan kompetensi peserta pelatihan di tempat kerja belum tercapai, hal ini dibuktikan peserta pelatihan belum membuat modul pembelajaran akan tetapi peserta membuat RRP dan membuat Laporan keuangan sekolah. akan tetapi peserta senior mengalami perubahan sikap dari yang semula tidak pernah memegang laptop atau komputer menjadi suka dan sering menggunakan laptop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item