Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan web site pada materi pembuatan pecah pola busana two piece / Afifah Khairunisa Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan web site pada materi pembuatan pecah pola busana two piece / Afifah Khairunisa Krisnawati

Krisnawati, Afifah Khairunisa (2014) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan web site pada materi pembuatan pecah pola busana two piece / Afifah Khairunisa Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krisnawati Afifah Khairunisa. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Web Site pada Materi Pembuatan Pecah Pola Busana Two Piece. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Agus Hery Supadmi I M.Pd. (II) Anik Dwiastuti S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran pecah pola two piece Suatu proses pembelajaran tidak lepas dari pemanfaatan media media digunakan sebagai penghubung dalam penyampaian suatu materi pembelajaran karena pembelajaran tanpa penggunaan media menghasilkan suatu proses pembelajaran yang kurang optimal. Media pembelajaran yang selama ini digunakan untuk mata kuliah Teknik Pembuatan Busana Wanita di Jurusan Tata Busana Universitas Negeri Malang masih bersifat konvensional hal ini dirasa kurang efektif karena daya kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menemrima materi berbeda-beda. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan web site pada materi pembuatan pecah pola busana two piece yang tervalidasi deskripsi isi dan media pembelajaran untuk mahasiswa Program Tata Busana Universitas Negeri Malang sebagai penunjang pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang terdiri dari 10 prosedur yaitu (1) research and information collection (2) planning (3) develop premliminary from of product (4) preliminary fild testing (5) main product revision (6) main field testing (7) operational product revision (8) operational field testing (9) final product revision (10) dissemination and implementation dari 10 langkah ini tidak semua peneliti lakukan karena peneliti masih peneliti pemula sehingga peneliti hanya melakukan prosedur 1 sampai prosedur 5 yaitu main product .Validasi produk dilakukan dengan melibatkan ahli media dan ahli materi. Uji kelompok kecil dilakukan kepada mahasiswa Tata Busana angkatan 2011 Universitas Negeri Malang. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa presentase dan data kualitatif berupa tanggapan yang berisi komentar maupun saran dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran dari ahli media memberikan saran dan masukan yaitu (1) software diunggah ke web server (2) media dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dari hasil presentase dengan kriteria penilaian efektifitas 95 8% kemenarikan 95% dan efisiensi 81 3% maka hasil presentase keseluruhan dari ahli media adalah 91 7% (sangat baik) ahli materi memberikan saran dan masukan yaitu (1) desain dibuat lebih proposional (2) penambahan tombol (play pause undo) (3) keterangan gambar pada waktu pola dasar dijiplak disertakan (4) memunculkan pecah pola tanpa garis bantu dari hasil keseluruhan aspek hasil presentase adalah 83 3% (baik). Berdasarkan hasil dari validasi media dan validasi materi maka produk media pembelajaran pada materi pecah pola two piece dalam bentuk animasi dengan menggunakan program macromedia flashplayer direvisi kemudian diunggah ke web site. Setelah revisi selesai produk media pembelajaran ini kemudian di uji coba kelompok kecil. Hasil dari uji coba kelompok kecil didaptkan saran dan masukan yaitu (1) tampilan dibuat lebih menari (2) penambahan instrumen musik (3) terdapat beberapa garis yang belum keluar dan belum tepat (4) diberikan penjelasan pada saat pola dipecah sesuai dengan komponennya dari hasil presentase keseluruha adalah 81 5% (baik). Kelebihan media pembelajaran ini adalah (a) dapat dibuka sewaktu-waktu selama ada perangkat komputer/laptop dengan jaringan internet (b) meningkatkan motivasi dan perhatian mahasiswa untuk belajar (c) melatih mahasiswa untuk mengenal dan memanfaatkan media pembelajaran yang menggunakan Hi-tech (d) hasil dari validasi ahli media ahli materi dosen dan mahasiswa media pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan tinggi (e) media ini juga dapat digunakan belajar untuk masyarakat luas. Kekurangannya adalah dalam media ini untuk animasi belum disertai voice untuk narasinya dan materi yang di up-load masih terbatas selain itu medi ini dalam langkah pengembangannya menurut Borg and Gall masih sampai pada langkah ke 5 yaitu main product revision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49038

Actions (login required)

View Item View Item