Survey tingkat kepuasan mahasiswa Prodi S1 Tata Busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap pelayanan laboran Tata Busana Universitas Negeri Malang / Fatimah Dwicahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey tingkat kepuasan mahasiswa Prodi S1 Tata Busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap pelayanan laboran Tata Busana Universitas Negeri Malang / Fatimah Dwicahyaningrum

Dwicahyaningrum, Fatimah (2014) Survey tingkat kepuasan mahasiswa Prodi S1 Tata Busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap pelayanan laboran Tata Busana Universitas Negeri Malang / Fatimah Dwicahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwicahyaningrum Fatimah. 2013. Survey Tingkat Kepuasan Mahasiswa Prodi S1 Tata Busana Angkatan 2009 dan 2010 Terhadap Pelayanan Laboran Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd (II) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd Kata Kunci Kepuasan Mahasiswa Layanan Laboran Tugas laboran Prodi Tata Busana sebagai tenaga kependidikan memberikan pelayanan kepada mahasiswa di dalam proses pembelajaran praktikum. Layanan pendidikan yang diberikan oleh laboran kepada mahasiswa secara maksimal dapat menunjang dalam proses belajar. Layanan pendidikan dinyatakan berhasil apabila penerima layanan khususnya mahasiswa merasa puas setelah memperoleh pelayanan yang diberikan. Keberhasilan sebuah layanan pendidikan dapat bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja laboran dan dijadikan sebagai dasar penyusunan program lembaga terkait dengan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa prodi S1 tata busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap pelayanan laboran Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2009 dan 2010 dengan jumlah total 105 mahasiswa maka diambil sampel dengan teknik proportional stratified random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 51 mahasiswa dari angkatan 2009 dan 2010 yang diambil secara acak/random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk mengambil data tingkat kepuasan mahasiswa. Perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan mahasiswa prodi S1 tata busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap ketersediaan dan kelengkapan alat laboratorium produksi persentase tertinggi jawaban responden 42 11% menyatakan memuaskan pada laboratorium industri persentase jawaban tertinggi responden sebesar 47 4% menyatakan memuaskan terhadap ketersediaan laboratorium. Laboratorium komputer persentase jawaban responden tertinggi 44 74% menyatakan cukup memuaskan terhadap ketersediaan bahan. Laboratorium tekstil persentase jawaban responden tertinggi sebesar 44 74% menyatakan cukup memuaskan terhadap kelayakan mesin sedangkan hasil penelitian mengenai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboran I di laboratorium produksi 63 16% responden menyatakan sangat memuaskan. Pelayanan laboran II di laboratorium industri pada indikator keandalan 81 58% responden menyatakan tidak memuaskan. Pelayanan laboran III di laboratorium komputer pada indikator tanggap 55 26% responden menyatakan cukup memuaskan. Pelayanan laboran IV di laboratorium tekstil pada indikator keandalan 71 05% responden menyatakan memuaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan mahasiswa prodi S1 tata busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap ketersediaan laboratorium (indikator berwujud) secara keseluruhan tertinggi ada pada laboratorium produksi untuk kelengkapan alat laboratorium ada pada laboratorium produksi dan komputer untuk kelayakan mesin tingkat kepuasan tertinggi ada pada laboratorium tekstil pada ketersediaan bahan tingkat kepuasan mahasiswa tertinggi ada pada laboratorium tekstil dan pada tingkat kepuasan mahasiswa prodi S1 tata busana angkatan 2009 dan 2010 terhadap pelayanan laboran tertinggi pada pelayanan laboran I sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboran terendah pada pelayanan laboran II. Saran kepada Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang merupakan sarana bahan evaluasi untuk upaya penyusunan program peningkatan pelayanan secara maksimal untuk mahasiswa oleh jurusan secara berkelanjutan penyusunan program bagi tiap-tiap laboran serta sebagai upaya pemberian pelatihan tambahan bagi laboran. Bagi laboran-laboran Prodi Tata Busana Jurusan Teknologi Industri untuk lebih menigkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49036

Actions (login required)

View Item View Item