Tanggapan guru pamong tata busana SMK Negeri Kodya Malang terhadap pelaksanaan PPL II mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Teknologi Industri / Dwi Yeti Anggraeni

Anggraeni, Dwi Yeti (2014) Tanggapan guru pamong tata busana SMK Negeri Kodya Malang terhadap pelaksanaan PPL II mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Teknologi Industri / Dwi Yeti Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yeti, Dwi Anggraeni. 2013. Tanggapan Guru Pamong Tata Busana SMK Negeri Kodya Malang Terhadap Pelaksanaan PPL II Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Teknologi Industri. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Idah Hadijah, M.Pd, (II) Dra. Nurul Aini, M.Pd. Kata Kunci: Tanggapan, Guru Pamong, Pelaksanaan PPL II SMK N 3, SMK N 5, SMK N 7 Malang sering dijadikan tempat praktik mengajar (PPL) mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Teknologi Industri, sehingga mendorong peneliti untuk mengetahui tanggapan Guru Pamong yang berhubungan langsung dengan mahasiswa PPL II Prodi S1 Pendidikan Tata Busana. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan guru Pamong Tata Busana SMK N 3, SMK N 5, SMK N 7 Malang terhadap pelaksanaan PPL II mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2009 pada semester genap tahun ajaran 2012-2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru Pamong Tata Busana SMK N 3, SMK N 5, SMK N 7 Malang sejumlah 9 Guru Pamong. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan kemudian menggunakan SPSS 16.00 for Windows. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut yaitu perencanaan pembelajaran Silabus dan RPP berdasarkan tanggapan guru pamong termasuk dalam klasifikasi baik yaitu sebesar 88.89%. Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan tanggapan guru pamong termasuk dalam klasifikasi baik yaitu sebesar 88.89%. Saran Tanggapan Guru Pamong Tata Busana SMK Negeri Kodya Malang terhadap pelaksanaan PPL II yaitu sudah baik, namun dari hasil tanggapan ada beberapa yang perlu ditingkatkan yaitu skenario kegiatan pembelajaran, membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran, agar mahasiswa dapat melaksanakan pelaksanaan PPL dengan maksimal dan mengajar lebih baik. Hendaknya bagi UPT PPL menindak lanjuti respon dari sekolah tentang pelaksanaan PPL. Pada umumnya pelaksanaan PPL II mahasiswa PPL Prodi S1 Pendidikan Tata Busana sudah baik, sehingga akan didapatkan peningkatan profesionalitas guru yang maksimal. Bagi mahasiswa yang belum melaksanakan PPL sebaiknya mahasiswa harus lebih terampil agar mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan meningkatkan profesionalitas yang harus dimiliki oleh seorang guru, sehingga mahasiswa dapat menanamkan profesionalitas mulai dari bangku perkuliahan. Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan PPL II sebaiknya lebih memperbaiki dalam mengajar berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49035

Actions (login required)

View Item View Item