Studi tentang fasilitas Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan (K3) pada Laboratorium Produksi Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang / Aprilia Rahayu Putri

Putri, Aprilia Rahayu (2013) Studi tentang fasilitas Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan (K3) pada Laboratorium Produksi Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang / Aprilia Rahayu Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri, Aprilia Rahayu. 2013. Studi tentang Fasilitas Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3)pada Laboratorium Produksi Program Keahlian Tata Busana MK Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M. Pd, (II) Agus Sunandar, S. Pd, M. Sn. Kata Kunci: Fasilitas, kesehatan keselamatan kerja (k3), laboratorium produksi, tata busana. Kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) secara filosofis adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budayanya menuju masyarakat adil dan makmur. Kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) antara lain perlindungan terhadap bahaya kebakaran, perlindungan terhadap bahaya listrik, dan kondisi lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keadaan fasilitas Kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) pada laboratorium produksi SMK Negeri program keahlian Tata Busana di kota Malang untuk perlindungan bahaya kebakaran, bahaya listrik, dan kondisi lingkungan kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laboratorium produksi program keahlian Tata Busana pada SMK Negeri di kota Malang sejumlah tiga sekolah yaitu SMK Negeri 3, SMK Negeri5, dan SMK Negeri 7 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pedoman observasi, dan dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan jika fasilitas kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) laboratorium produksi program keahlian tata busana SMK Negeri di kota Malang untuk perlindungan bahaya kebakaran berdasarkan angket dalam kategori cukup sementara berdasarkan observasi dalam kategori kurang. Untuk fasilitas kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) laboratorium produksi program keahlian tata busana SMK Negeri di kota Malang untuk perlindungan bahaya listrik secara keseluruhan berdasarkan angket maupun observasi dalam kategori baik. Sedangkan fasilitas kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) laboratorium produksi program keahlian tata busana SMK Negeri di kota Malang untuk kondisi lingkungan kerja berdasarkan angket dalam kategori baik sementara berdasarkan observasi dalam kategori cukup. Saran yang dapat disampaikan adalah (1) pengelola fasilitas laboratorium, sekolah hendaknya memerhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3). (2) Hendaknya fasilitas untuk kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) yang masih kurang segera diperbaiki, dan yang sudah baik dijaga kondisinya agar tetap baik. (3) Sekolah hendaknya juga memberikan pengarahan kepada siswa tentang kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3) di laboratorium dan mengajak siswa untuk ikut serta menjaga fasilitas yang sudah ada agar tetap baik kondisinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49033

Actions (login required)

View Item View Item