Analisa hasil handpainting dengan cat acrylic berpelarut air pada bahan denim / Heni Urifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa hasil handpainting dengan cat acrylic berpelarut air pada bahan denim / Heni Urifah

Urifah, Heni (2013) Analisa hasil handpainting dengan cat acrylic berpelarut air pada bahan denim / Heni Urifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Urifah Heni. 2013. Analisa Hasil Handpainting dengan Cat Acrylic Berpelarut Air pada Bahan Denim. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Prahastuti M. Pd. (2) Dra. Hapsari Kusumawardani M. Pd. Kata Kunci handpainting cat acrylic bahan denim. Banyak mata kuliah yang mendukung program studi Tata Busana di Universitas Negeri Malang salah satunya adalah mata kuliah Kriya Tekstil. Mahasiswa program studi Tata Busana diberi pengetahuan tentang handpainting dan praktik membuat handpainting pada mata kuliah ini. Pembuatan handpainting ini menggunakan cat yang banyak beredar di pasaran yaitu cat acrylic dengan merk yang berbeda dengan cat yang digunakan pada saat praktikum dan menggunakan 5 jenis bahan denim sebagai media pembuatan handpainting. Warna dari cat acrylic yang digunakan adalah warna primer yaitu warna kuning (primary yellow) merah (naphthol red medium) dan biru (ultramarine). Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memilih bahan denim yang tepat dan menerapkannya dalam pembuatan handpainting dengan cat acrylic. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil handpainting dengan cat acrylic yang diterapkan pada bahan denim. Pembuatan handpainting dilakukan oleh peneliti dengan membuat lukisan pada bahan denim yang hasilnya kemudian dinilai oleh panelis. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian angket tentang ketajaman warna handpainting yang diisi oleh panelis. Data yang diperoleh dari instrumen berupa check list kemudian diolah menggunakan rumus persentase. Hasil akhir dari tabulasi data yang telah dilakukan pada handpainting di beberapa jenis bahan denim dapat dilihat dengan tabel intepretasi data sehingga dapat diketahui tingkat ketajaman warna cat acrylic pada beberapa jenis bahan denim. Hasil penilaian yang diperoleh dari 3 panelis dengan menggunakan angket berupa check list ( 8730 ) adalah sebagai berikut rata-rata nilai ketajaman warna cat acrylic pada Dry Denim sebesar 85 33% pada Stretch-Washed Denim sebesar 81 67% pada Cotton Denim sebesar 78% pada Denim Stretch sebesar 74 33% dan pada Denim Polyester sebesar 49 56%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa penerapan cat acrylic pada Dry Denim memiliki nilai tertinggi dan menghasilkan warna yang sangat tajam. Cat acrylic yang diterapkan pada Stretch-Washed Denim menghasilkan warna yang sangat tajam. Penerapan cat acrylic pada Cotton Denim menghasilkan warna yang sangat tajam. Cat acrylic yang diterapkan pada Denim Stretch menghasilkan warna yang sangat tajam. Penerapan cat acrylic pada Denim Polyester memiliki nilai terendah dan menghasilkan warna yang tajam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49031

Actions (login required)

View Item View Item