Profil usaha butik di Kota Malang / Lelly Mustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil usaha butik di Kota Malang / Lelly Mustikasari

Mustikasari, Lelly (2013) Profil usaha butik di Kota Malang / Lelly Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil Butik Butik merupakan toko pakaian yang bersifat eksklusif. Keeksklusifan tersebut dapat dilihat dari desain yang elegan penggunaan material yang berkualitas serta hasil jahitan yang rapi. Produk busana yang diproduksi butik tidak dilakukan secara massal melainkan diproduksi secara ekslusif dengan di desain khusus oleh desainer. Pada proses penyelesaian busana butik lebih cenderung menggunakan jahitan tangan dikarenakan busana butik mengedepankan kualitas kerapihan serta kehalusan dari hasil jadi busana tersebut. Maraknya pendirian usaha butik di kota Malang secara tidak langsung berdampak pada perekonomian serta perkembangan mode khususnya di kota Malang. Semakin banyak didirikannya usaha butik di kota Malang dapat menciptakan peluang membuka lapangan pekerjaan baru serta dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di kota Malang. Akan tetapi bertambahnya usaha butik tersebut tidak diimbangi dengan kualitas produk yang seharusnya ditawarkan pada sebuah usaha butik. Beberapa butik yang mengatasnamakan usahanya sebagai butik namun tidak sesuai dengan kriteria dari usaha butik yang sebenarnya. Profil usaha dalam penelitian ini meliputi konsep usaha butik dan manajemen usaha butik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil usaha butik di kota Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah butik di kota Malang yang sesuai dengan kriteria dan syarat sebuah butik sejumlah 11 butik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dengan jumlah pernyataan sebanyak 56 item. Instrumen angket ini diuji validitas menggunakan validitas konstruk dan dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas menggunakan reliabilitas test-retest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada konsep usaha butik presentase tertinggi pada indikator produk. Produk butik mencirikhaskan kesan eksklusif. Dimana model busana butik eksklusif atau tidak dibuat secara massal didesain oleh desainer pemiliki butik selain itu produk yang ditawarkan butik di kota Malang merupakan produk dengan kualitas bahan bermutu tinggi. Produk dikemas dengan kemasan yang mencirikhaskan citra produk butik. Sebagian besar usaha butik didirikan dengan menggunakan modal tunggal. (2) Pada manajemen usaha butik presentase tertinggi pada indikator manajemen produksi. Sistem produksi pada usaha butik dibuat berdasarkan ukuran tubuh tertentu seseorang atau ukuran standar. Promosi yang banyak dilakukan oleh usaha butik di kota Malang melalui barter promosi pada penyelenggaraan peragaan busana atau sponsorship hal ini bertujuan agar memperluas daerah pemasaran. Target pasar usaha butik adalah kalangan menengah ke atas. Penempatan karyawan sesuai keahlian yang dimilikinya merupakan salah satu strategi dalam menajemen SDM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49016

Actions (login required)

View Item View Item