Kesertaan siswa dalam program pendidikan nonformal sebagai suplemen pendidikan formal di SMP laboratorium Universitas Negeri Malang/ Lukyta Dwi Pratesya - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesertaan siswa dalam program pendidikan nonformal sebagai suplemen pendidikan formal di SMP laboratorium Universitas Negeri Malang/ Lukyta Dwi Pratesya

Pratesya, Lukyta Dwi (2012) Kesertaan siswa dalam program pendidikan nonformal sebagai suplemen pendidikan formal di SMP laboratorium Universitas Negeri Malang/ Lukyta Dwi Pratesya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan Nonformal Pendidikan Suplemen. Pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang melengkapi dan melanjudkan hasil pendidikan formal agar proses belajar mereka sebagai anggota masyarakat dapat berlangsung terus menerus sepanjang hayat serta membantu masalah yang ada di pendidikan formal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan kesertaan siswa kelas 7 dan 8 pada program pendidikan nonformal. Gambaran prestasi belajar dan latar belakang sosial ekonomi di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang berupa paparan data menggunakan distribusi frekuensi dan persentase. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian menggunakan angket yang disebar kepada 72 siswa kelas 7 dan 8. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sample. Populasi penelitian ini sebesar 359 siswa kelas 7 dan 8 pengambilan sampel sebesar 20% dari jumlah populasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tujuh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Dalam program jam pelajaran tambahan semua siswa diwajibkan dari pihak sekolah untuk mengikuti jam pelajaran tambahan dan diklasifikasikan cukup sebesar 65 2%. (2) Dalam program lembaga bimbingan belajar sebesar 8 3% (3) Dalam program kursus sebesar 9 7%. (4) Dalam program les privat sebesar 9 7%. (5) Prestasi belajar siswa dikategorikan baik sebesar 59 72%. (6) Latar belakang sosial ekonomi menjadi gambaran untuk mengetahui status sosial keluarga siswa dapat digambarkan dengan pendidikan jenis pekerjaan dan rentangan gaji orangtua siswa. (7) Ada hubungan antara pendidikan nonformal dan latar belakang sosial ekonomi orangtua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Dari hasil pembahasan peneliti memberikan saran bagi sekolah SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan diwajibkannya program jam pelajaran tambahan siswa sebagian besar mempunyai prestasi belajar yang lebih bagus dan tidak mengeluarkan biaya yang relatif mahal. Diharapkan terus meningkatkan program jam pelajaran tambahan agar siswa dan orangtua tidak mengikuti program pendidikan nonformal di luar sekolah yang menyita waktu dan biaya dan peran keluarga sangat penting dalam proses belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item