Persepsi dan kepuasana mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2009 terhadap layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran praktikum TPBI Universitas Negeri Malang / Tri Aprilia Romadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan kepuasana mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2009 terhadap layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran praktikum TPBI Universitas Negeri Malang / Tri Aprilia Romadhani

Romadhani, Tri Aprilia (2013) Persepsi dan kepuasana mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2009 terhadap layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran praktikum TPBI Universitas Negeri Malang / Tri Aprilia Romadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi siswa layanan jasa pendidikan kepuasan pembelajaran praktikum TPBI Persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap layanan jasa pendidikan khususnya pada matakuliah praktikum TPBI di JurusanTeknologi Industri merupakan hasil kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang dalam mendapatkan layanan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kepuasan mahasiswa S1-2009 tata busana terhadap aspek layanan jasa pendidikan pada praktikum TPBI yang terdiri dari (1) Keaktifan Kuliah (2) Penilaian Tugas dan kehadiran (3) Pokok/materi Pembelajaran (4) Objek/Peristiwa Pembelajaran (5) Kondisi Laboratorium (6) Jadwal Kuliah (7) Suasana Belajar (8) Lingkungan Ruang Belajar (9) Kelengkapan Fasilitas PBM (10) Kesiapan Dosen dan Laboran (11) Ketanggapan Dosen dan Laboran (12) Kontrak Kuliah (13) Perilaku Dosen dan Laboran (14) Problem Solvingdi jurusan Teknologi Industri. Dari populasi 49 mahasiswa seluruhnya digunakan sebagai sample. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik instrumen berupa angket yang ditujukan pada mahasiswa. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa S1-Pendidikan Tata Busana 2009 terhadap layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran TPBI Universitas Negeri Malang dianggap hampir sebagian besar dari jumlah subjek penelitian (53 26%). Jadi persepsi mahasiswa terhadap layanan jasa pendidikan tersebut sudah cukup terpenuhi namun kondisi laboratorium masih belum memenuhi kebutuhan perkuliahan dengan nilai (38 10%) dan ini ditinjau dari jabaran indikator dari tiap sub variabel (a) Keaktifan Kuliah (b) Penilaian Tugas dan Kehadiran (c) Pokok Materi Pembelajaran (d) Objek/Peristiwa Pembelajaran (e) Kondisi Laboratorium (f) Jadwal Kuliah dan (g) Suasana Belajar. (2) Kepuasan mahasiswa dalam memperoleh layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran praktikum TPBI di Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang cenderung puas (52 55%) berarti dapat disimpulkan tingkat kepuasan mahasiswa memperoleh layanan jasa pendidikan dalam mengikuti pembelajaran praktikum TPBI yang terdiri dari (a) Ruang Belajar (b) Layanan alat Penunjang Perkuliahan (c) Peran Dosen dan Laboran (d) Ketanggapan dosen dan Laboran (e) Kesesuaian dengan Kontrak Perkuliahan (f) Perilaku Dosen dan Laboran dan (g) Problem Solvingtelah memenuhi kebutuhan perkuliahan dan dianggap sebagian besar dari jumlah subjek penelitian. Namun layanan alat penunjang perkuliahan praktikum masih kurang memadai dan dirasa belum mencukupi kebutuhan dengannilai (38.37%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49009

Actions (login required)

View Item View Item