Implementasi kurikulum muatan lokal fashion design di SMA Ar-Rohmah Putri (Boarding School) Kabupaten Malang / Siti Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum muatan lokal fashion design di SMA Ar-Rohmah Putri (Boarding School) Kabupaten Malang / Siti Zahro

Zahro, Siti (2013) Implementasi kurikulum muatan lokal fashion design di SMA Ar-Rohmah Putri (Boarding School) Kabupaten Malang / Siti Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci muatan lokal fashion design SMA Ar-Rohmah Putri (Boarding School) Kabupaten Malang merupakan sekolah yang unik. Adanya fashion design sebagai muatan lokal yang wajib bagi peserta didik berbeda dengan SMA lain pada umumnya. Tujuan muatan lokal fashion design adalah membekali peserta didik untuk berwirausaha dalam tata busana yang dapat digunakan sebagai bekal berumah tangga. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana implementasi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi muatan lokal fashion design di SMA Ar-Rohmah Putri (Boarding School) Kabupaten Malang. Jenis rancangan penelitian yang digunakan studi kasus yang bertujuan untuk memerikan fakta yang ada di lapangan mengenai implementasi muatan lokal fashion design di SMA Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan pada awal semester. Beberapa persiapan yang dilakukan adalah persiapan kurikulum muatan lokal persiapan perangkat pembelajaran menyiapkan pengajar dan peserta didik. Kurikulum pembelajaran muatan lokal fashion design merupakan mata pelajaran wajib di sekolah. Perangkat pembelajaran adalah silabus RPP jadwal pembelajaran bahan ajar media pembelajaran dan peralatan. Ruangan praktikum masih belum permanen. Pengajar berjumlah 1 orang sebagai pengajar tetap. Peserta didik adalah kelas X dan XI (2) Pelaksanaan pembelajaran cukup unik materi dikelas X adalah menjahit dengan mesin mengenal busana mengenal bahan menjahit busana mengenal piranti menjahit busana menggambar busana dan dikelas XI lebih banyak materi tentang pembuatan lenan rumah tangga dan pembuatan pelengkap busana. Pengajar dalam menyampaikannya perlu kerja keras dan kesabaran serta kedisiplinan waktu untuk melaksanakannya pembelajaran tersebut. Pelaksanaan pembelajaran selama ini sudah terlaksana dengan lancar meskipun ada beberapa hal yang ditingkatkan agar hasilnya lebih meningkatkan kualitas kompetensi peserta didiknya yaitu media mesin jahit dan ruang laboratorium mesin jahit yang permanen (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap satu minggu sekali oleh seluruh pengajar Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah. Evaluasi dilakukan membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi seminggu sebelumnya. Tujuan evaluasi yang dilakukan adalah untuk memotivasi peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah. Terkait dengan hasil penelitian ini saran diberikan kepada sekolah agar lebih meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran muatan lokal fashion design dan guru perlu penyiapan RPP yang disesuaikan dengan kemampuan awal peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49005

Actions (login required)

View Item View Item