Analisis kebaya menggunakan pola praktis pada ukuran tubuh M (medium) / Maya Putri Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebaya menggunakan pola praktis pada ukuran tubuh M (medium) / Maya Putri Permana

Permana, Maya Putri (2012) Analisis kebaya menggunakan pola praktis pada ukuran tubuh M (medium) / Maya Putri Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kebaya pola praktis ukuran tubuh M (medium) Pada awalnya kebaya dikenal sebagai pakaian yang kerap dikenakan oleh wanita melayu. Menurut Faraz Mardiah (2008 4) menjelaskan bahwa kebaya berasal dari bahasa Arab habaya yang berarti pakaian labuh dengan belahan dibagian depan yang kedua kebaya dibawa oleh Portugis ke Malaka oleh sebab itu kebaya sudah lama dipakai di Malaka. Kebaya ini tidak dipakai oleh wanita Melayu saja melainkan juga dipakai oleh wanita Cina Peranakan (Baba) tetapi ada sedikit perbedaan model gaya memakainya. Di dalam pembuatannya ada beberapa sistem pola. Pola Konstruksi adalah pola untuk membuat pakaian yang pola dasarnya didapat dengan membuat gambar pola dengan perhitungan secara sistematis dan dibuat berdasarkan ukuran badan perorangan. Berdasarkan ukuran-ukuran tersebut dibuatlah pola dasar menurut sistem pola dasar tertentu seperti J.H.C. Meyneke Dressmaking B.M. Wielsma Dankarts So-Ein Charmart Praktis dan Grading. Pola Konstruksi dapat berupa pola untuk pakaian wanita pria bayi anak-anak terdapat bebe. Dalam memilih sistem pola dasar perlu disesuaikan dengan kondisi bentuk tubuh atau dapat pula memodifikasi sistem pola dasar tersebut menjadi lebih praktis mudah dan hasilnya bagus. Menurut Putra (2004) Pola praktis adalah suatu metode atau cara membuat pola dengan menggunakan teknik atau cara yang cepat dan praktis. Dikatakan pola praktis karena dalam proses pembuatannya tidak perlu menggambar pola dasar badan terlebih dahulu sehingga pola tengah belakang (TB) langsung ditambahkan dari pola tengah muka (TM) tanpa harus menggambar pola belakang lagi sehingga lebih menghemat tempat dan waktu karena tidak membutuhkan proses yang lama. Sedangkan kegunaan pola praktis sendiri untuk mempercepat proses pembuatan busana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kenyamanan kebaya. Berdasarkan hasil analisis data oleh 3 orang panelis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Hasil validasi dari panelis I Pola Praktis tepat digunakan untuk pembuatan Kebaya pada ukuran tubuh M (medium) dengan ketepatan sebesar 90 1 %. Hasil validasi dari panelis II Pola Praktis tepat digunakan untuk pembuatan Kebaya pada ukuran tubuh M (medium) dengan ketepatan sebesar 78 8 %. Hasil validasi dari panelis III Pola Praktis tepat digunakan untuk pembuatan Kebaya pada ukuran tubuh M (medium) dengan ketepatan sebesar 69 7 %. Berdasarkan validasi dari 3 panelis Pola Praktis tepat digunakan untuk pembuatan Kebaya pada ukuran tubuh M (medium) dengan ketepatan sebesar 79 7 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48998

Actions (login required)

View Item View Item