Studi tentang proses pembuatan pakaian jadi batik tulis di "Andis Batik Druju" / Anggrek Puspitasari S - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang proses pembuatan pakaian jadi batik tulis di "Andis Batik Druju" / Anggrek Puspitasari S

Puspitasari S., Anggrek (2012) Studi tentang proses pembuatan pakaian jadi batik tulis di "Andis Batik Druju" / Anggrek Puspitasari S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Proses Pakaian Batik Tulis Batik merupakan kebudayaan asli Indonesia yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi. Sehingga batik mudah diterima oleh masyarakat domestik dan mancanegara. Perkembangan batik saat ini mengalami banyak perubahan dan berkembang dengan cepat. Banyak pengrajin batik di berbagai daerah yang berlomba-lomba menciptakan motif dan teknik yang semakin kreatif dan inovatif. Desa Druju merupakan suatu tempat terciptanya motif-motif dan teknik membatik yang inovatif yang dihasilkan oleh bapak Eddi Subagio dan ibu Antik Subagio sebagai pengusaha batik. Teknik pembuatan batik Druju berbeda dengan pembuatan batik pada umumnya. Media yang digunakan oleh Andis Batik Druju adalah pakaian bukan selembar kain sehingga motif yang dihasilkan dapat menyambung pada semua bagian yaitu bagian sisi badan sisi lengan kerung lengan bahu tengah muka dan tengah belakang. Selain teknik pembuatan yag berbeda Andis Batik Druju juga menghasilkan warna hitam yang berbeda yaitu warna hitam yang benar-penar hitam pekat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan ketekunan pengamatan. Berdasarkan temuan peneliti dilapangan maka (1) Andis Batik Druju ada sejak tahun 1996 setelah bapak Eddi Subagio merantau keberbagai daerah penghasil batik dan beliau memberanikan diri untuk menciptakan batik dengan motif dan karakteristik yang berbeda (2) Motif yang dihasilkan Andis Batik Druju menyambung pada semua bagian karena media yang digunakan untuk membatik adalah pakaian (seperti kemeja blus dan gaun (3) Tahapan dalam Proses pembuatan pakaian batik tulis di Andis Batik Druju antara lain membuat desain (busana dan motif batik) produksi pakaian membuat pola motif batik pada pakaian dan proses membatik (4) Warna hitam yang dihasilkan oleh Andis Batik Druju merupakan warna hitam yang benar-benar hitam pekat. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Produk yang dihasilkan Andis Batik Druju lebih bervariasi (2) Pada saat mencuci pakaian batik jangan digosok karena secara otomatis warna akan larut sehingga warna terlihat kusam. Pakaian batik dijemur ditempat yang teduh jangan manjemur pakaian batik di bawah sinar matahari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48995

Actions (login required)

View Item View Item