Alasan pemilihan tempat Praktik Industri (PI) pada mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2008 Universitas Negeri Malang / Nurul Alaina

Alaina, Nurul (2012) Alasan pemilihan tempat Praktik Industri (PI) pada mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2008 Universitas Negeri Malang / Nurul Alaina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pemilihan Tempat, Praktik Industri. Praktik Industri merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh oleh mahasiswa tata busana secara berkelompok pada industri busana sebagai bentuk aplikasi pengetahuan yang telah diperoleh dari setiap kegiatan pembelajaran. Setiap mahasiswa memiliki alasan berbeda-beda yang dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal dalam memilih tempat Praktik Industri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal yang menjadi alasan mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana angkatan 2008 dalam memilih tempat Praktik Industri. Rancangan penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana angkatan 2008 yang telah menempuh dan dinyatakan lulus matakuliah Praktik Industri sebanyak 37 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah: Pertama, faktor internal yang menjadi alasan Mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana Angkatan 2008 dalam memilih tempat Praktik Industri yaitu: (a) perhatian yang menimbulkan rasa tertarik terhadap tempat Praktik Industri; (b) minat/keinginan yang disertai rasa senang pada tempat Praktik Industri; dan (c) motivasi dalam diri. Diketahui bahwa faktor internal motivasi dari luar tidak menjadi alasan mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana Angkatan 2008 dalam memilih tempat Praktik Industri. Kedua, faktor eksternal yang menjadi alasan mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana Angkatan 2008 dalam memilih tempat Praktik Industri yaitu: arahan serta pegertian orang tua dan arahan serta ajakan teman bergaul dan sebaya; faktor eksternal keadaan ekonomi keluarga dan media tidak menjadi alasan mahasiswa SI Pendidikan Tata Busana Angkatan 2008 dalam memilih tempat Praktik Industri; diketahui mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2008 dengan persentase yang sama menyatakan bahwa faktor eksternal lingkungan kampus dan lingkungan tempat Industri menjadi alasan dan tidak menjadi alasan dalam pemilihan tempat Praktik Industri. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Mahasiswa dalam memilih tempat Praktik Industri hendaknya memperhatikan kesesuaian tempat industri yang akan dituju dengan tujuan utama Praktik Industri dan memperhatikan syarat-syarat pemilihan tempat Praktik Industri yang ditetapkan jurusan, 2) Lembaga memperhatikan, mempertimbangkan, dan menegaskan syarat-syarat kelayakan tempat Praktik Industri, 3) Peneliti lain, mengembangkan penelitian ini lebih luas lagi, karena penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan untuk semua jenis tempat Praktik Industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48991

Actions (login required)

View Item View Item