Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mata kuliah teknik dasar menjahit mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Ajeng Atma Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mata kuliah teknik dasar menjahit mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Ajeng Atma Kusuma

Kusuma, Ajeng Atma (2012) Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mata kuliah teknik dasar menjahit mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Ajeng Atma Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci latar belakang pendidikan prestasi belajar Input mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 adalah heterogen yaitu berasal dari lulusan SMK Tata Busana dan Non SMK Tata Busana yang memiliki dasar karakter pendidikan yang berbeda. Adanya perbedaan karakter pendidikan tersebut diduga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya perbedaan prestasi belajar khususnya pada mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model serta Teknik Dasar Menjahit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang pendidikan mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (2) Prestasi belajar mata kuliah Teknik Dasar Menjahit (3) Ada atau tidak perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah Teknik Dasar Menjahit. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dari data dokumentasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program studi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Universitas Negeri Malang sejumlah 63 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Two Independent Samples Tests dengan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan SPSS 17 (Statistical Product and Service Solution). Two Independent Samples Tests dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) mahasiswa Proram S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 Universitas Negeri Malang diketahui 37 mahasiswa dari SMK Tata Busana dan 26 mahasiwa dari Non SMK Tata Busana (2) rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang berlatar pendidikan SMK Tata Busana lebih tinggi (14 44) dari pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Non SMK Tata Busana (10 92) khususnya pada mata kuliah Teknik Dasar Menjahit (3) Ada perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Teknik Dasar Menjahit dengan taraf signifikansi 0 000 ( 0 05). Adapun saran yang dapat diberikan (1) bagi lembaga khususnya di Jurusan Teknologi Industri sebaiknya mengadakan tes uji praktik bagi calon mahasiswa baru baru untuk mengatahui potensi awal yang dimiliki mahasiswa. (2) Bagi dosen diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi ilmiah tentang perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Teknik Dasar Menjahit (3) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai kajian untuk penelitian lanjut dan diarahkan untuk meneliti tentang strategi pembelajaran yang tepat untuk mata kuliah Teknik Dasar Menjahit agar dapat mengakomodir prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Non SMK Tata Busana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48986

Actions (login required)

View Item View Item