Hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konstruksi pola dan pecah model program studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Ulfia Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konstruksi pola dan pecah model program studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Ulfia Purnamasari

Purnamasari, Ulfia (2012) Hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konstruksi pola dan pecah model program studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Ulfia Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Cara Belajar Prestasi Belajar. Cara belajar merupakan salah satu diantara faktor-faktor yang berperan dalam proses pencapaian prestasi belajar mata kuliah konstruksi pola dan pecah model mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Cara belajar khususnya pada mata kuliah konstruksi pola dan pecah model merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam belajar sesuai dengan karakter mata kuliah tersebut. Pada penelitian ini cara belajar diukur melalui indikator yang ada pada sub variabel cara belajar sendiri dan cara belajar di kelas. Prestasi belajar mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model diukur dari hasil yang telah dicapai oleh mahasiswa melalui proses pembelajaran dalam bentuk nilai akhir semester (nilai DNA) hasil assesmen dosen pengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model dengan menguji hubungan antara variabel bebas X_1 (Cara Belajar sendiri) dan X_2 (Cara Belajar di Kelas) terhadap variabel terikat Y (Prestasi Belajar). Instrumen berupa angket yang di uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2009 sampai 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar sendiri dengan prestasi belajar mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model dan cara belajar di kelas dengan prestasi belajar mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang sedangkan secara simultan cara belajar sendiri dan cara belajar di kelas yang dilakukan mahasiswa berpengaruh sebesar 42 2% saja terhadap prestasi belajar mata kuliah Konstruksi Pola dan Pecah Model dan sisanya 57 8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pada penelitian ini cara belajar sendiri memiliki hubungan lebih dominan dibandingkan dengan cara belajar di kelas. Oleh karena itu hendaknya mahasiswa memiliki disiplin diri agar cara belajar sendiri dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga mendapatkan prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48985

Actions (login required)

View Item View Item