Hubungan antara partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di rumah dengan prestasi belajar anak di PAUD Al-Faraby Turen Malang / Maulia Khamami - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di rumah dengan prestasi belajar anak di PAUD Al-Faraby Turen Malang / Maulia Khamami

Khamami, Maulia (2012) Hubungan antara partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di rumah dengan prestasi belajar anak di PAUD Al-Faraby Turen Malang / Maulia Khamami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Partisipasi Orang Tua Pendidikan Anak di rumah Prestasi Belajar Keberhasilan dalam belajar sebagian besar ditunjang oleh partisipasi orang tua yang memiliki peranan sangat penting dalam membantu keberhasilan pendidikan putra putrinya di lembaga PAUD. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari pencapaian prestasi belajar anak di lembaga PAUD karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pendidikan. Dengan adanya partisipasi orang tua dalam mendidikan anak di rumah yang tinggi maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak di lembaga PAUD. Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui partisipasi orang tua wali murid PAUD Al-Faraby dalam pendidikan anak di rumah. (2) mengetahui prestasi belajar anak di PAUD Al-Faraby Turen Malang (3) mengetahui hubungan antara partisipasi orang tua dalam mendidik anak di rumah dengan prestasi belajar anak di PAUD Al-Faraby Turen Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak didik PAUD Al-Faraby Turen Malang tahun ajaran 2011/1012 yang berada pada tahap perkembangan masa anak-anak (usia 2-4 tahun). Pada penelitian ini orang tua anak didik PAUD Al-Faraby turen Malang diminta untuk mengisi angket pernyataan berupa skor yang berhubungan dengan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak dirumah kemudian skornya dikorelasikan dengan nilai prestasi belajar anak yang tersaji dalam rapor semester I tahun ajaran 2011/2012. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua anak didik PAUD Al-Faraby Turen Malang yang termasuk dalam ketegori tinggi sebesar 50 69% dan prestasi belajar anak yang termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 78 08%. Selain itu juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di rumah dengan prestasi belajar anak di PAUD Al-faraby Turen Malang yaitu (rxy 0 632 p 0.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4898

Actions (login required)

View Item View Item