Analisis pola dasar pakaian sistem cuppens-geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita / Rida Lestari Ayuningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pola dasar pakaian sistem cuppens-geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita / Rida Lestari Ayuningtias

Ayuningtias, Rida Lestari (2012) Analisis pola dasar pakaian sistem cuppens-geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita / Rida Lestari Ayuningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pola Dasar Sistem Cuppens-Geurs Bentuk Tubuh Pola konstruksi termasuk dalam pola datar atau flat pattern yang selama ini dikenal didunia pendidikan didalam pembuatan pola secara kontruksi ada enam sistem pola yang umum digunakan di Indonesia yaitu sistem (1) Mey-neke (2) So-en (3) Dressmaking (4) Charmant (5) Dankaerts dan (6) Cuppens-geurs (Sarono 1989 11-22). Pola dasar sistem Cuppens-geurs merupakan pola dasar yang berasal dari Belanda bentuk tubuh wanita Belanda rata-rata tinggi dan berbadan besar sedangkan wanita Indonesia mempunyai bentuk tubuh dengan proporsi rata-rata pendek atau sedang maka sistem maka sistem Cuppens-geurs perlu dikaji secara ilmiah dan di analisis ketepatan pola dasarnya untuk berbagai bentuk tubuh orang Indonesia .Tingkat ketepatan pola dasar pada bentuk tubuh tertentu ditentukan oleh beberapa faktor yaitu banyaknya ukuran tubuh yang diperlukan pemilihan sistem pola dasar proses pembuatan pola dasar ciri-ciri bentuk tubuh dan ketelitian pengukuran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pola dasar pakaian sistem Cuppens-Geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneli-tian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada pola dasar badan dengan mengguna-kan ukuran bentuk tubuh wanita yaitu pendek gemuk pendek kurus ideal tinggi gemuk tinggi kurus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman lembar pengamatan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ketepatan titik pas pengepasan pola dasar pakaian sistem Cuppens-Geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita yaitu meliputi a) bentuk tubuh wanita ideal dikatakan cukup tepat dengan ketepatan sebesar 60% b) bentuk tubuh wanita tinggi kurus memiliki nilai ketepatan sebesar 100% dengan kriteria tepat c) bentuk tubuh wanita tinggi gemuk dikatakan cukup tepat ketepatan sebesar 60% d) bentuk tubuh wanita pendek kurus sebesar 60% dengan kriteria cukup tepat e) bentuk tubuh wanita pendek gemuk sebesar 60% dengan kriteria cukup tepat. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan 1) Pembuatan pola dasar pakaian sistem Cuppens-Geurs pada berbagai bentuk tubuh wanita diperoleh nilai tertinggi terdapat pada bentuk tubuh wanita tinggi kurus dan nilai terendah yaitu pada wanita pendek kurus jadi untuk pembuatan pola dasar sistem Cuppens-Geurs disarankan untuk wanita tinggi kurus. 2) Panelis menyarankan bila akan membuat pola dasar terlebih dahulu harus memperhatikan dengan benar tata cara pe-ngukurannya karena membuat pola dasar dan pecah pola dapat menggunakan teknik atau sistem apapun yang penting pola tepat dipakai cara pengukurannya juga tepat dan teliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48976

Actions (login required)

View Item View Item