Analisa hasil pewarnaan enceng gondok menggunakan pewarna naphtol dan direk / Sistiyani Tiska Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa hasil pewarnaan enceng gondok menggunakan pewarna naphtol dan direk / Sistiyani Tiska Sari

Sari, Sistiyani Tiska (2012) Analisa hasil pewarnaan enceng gondok menggunakan pewarna naphtol dan direk / Sistiyani Tiska Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pewarnaan Enceng Gondok Naphtol Direk Enceng Gondok merupakan tanaman air yang tergolong dalam serat selulosa. Naphtol dan direk merupakan zat pewarna buatan yang dapat digunakan untuk mewarnai serat selulosa. Oleh sebab itu bagaimana hasil pewarnaan enceng gondok menggunakan pewarna naphtol dan direk jika kriteria penilaiannya dilihat dari tingkat ketajaman dan kerataan warna primer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil pewarnaan enceng gondok menggunakan zat warna naphtol dan direk dilihat dari kerataan dan ketajaman warna primer.Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian zat warna naphtol dan zat warna direk yang digunakan sebagai bahan pewarna pada enceng gondok. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pengamatan langsung terhadap hasil pewarnaan enceng gondok dan metode dokumantasi. Metode pengamatan dilakukan oleh panelis ahli sebagai pengamat dan penilai sifat berdasarkan kesan subyektifitas untuk menguji sampel penelitian. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung tentang proses pewarnaan enceng gondok menggunakan naphtol dan direk dengan jenis warna merah kuning dan biru Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada perbandingan 1 40 tercapai persentase 100% untuk ketajaman warna merah kuning dan biru. Sedangkan hasil penelitian tingkat kerataaan terbaik yaitu perbandingan 1 40 dengan persentase 100% untuk semua jenis warna. Penilaian tingkat ketajaman dan kerataan warna pada pewarnaan enceng gondok menggunakan zat warna direk pada tingkat ketajaman terbaik dengan perbandingan 1 40 tercapai persentase 66 67% untuk warna merah dan kuning serta 100% untuk ketajaman warna biru. Untuk hasil penelitian dengan kriteria kerataaan warna primer terbaik menggunakan zat warna direk didapatkan pada perbandingan 1 20 dengan persentase 66 67% untuk kerataan warna merah. Perbandingan 1 30 dengan persentase kerataan 66 67% untuk kerataan warna kuning dan perbandingan 1 40 dengan persentase kerataan 100% untuk kerataan warna biru. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya untuk dapat memperdalam dan mengembangkan penelitian ini dengan kriteria penilaian atau subyek penelitian yang lain seperti tingkat kelunturan warna atau menggunakan zat warna lain. Selain itu disarankan agar pada saat melakukan penelitian yang sama lebih memperhatikan proses persiapan dan pelaksanaan pencelupan sehingga dapat menghasilkan penelitian sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48970

Actions (login required)

View Item View Item