Korelasi antara minat menjadi guru dengan nilai praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa program studi pendidikan tata busana fakultas teknik Universitas Negeri Malang / Rosita Octaviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara minat menjadi guru dengan nilai praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa program studi pendidikan tata busana fakultas teknik Universitas Negeri Malang / Rosita Octaviana

Octaviana, Rosita (2012) Korelasi antara minat menjadi guru dengan nilai praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa program studi pendidikan tata busana fakultas teknik Universitas Negeri Malang / Rosita Octaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Menjadi Guru Nilai Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Malang (UM) merupakan lembaga pendidikan yang bertugas mencetak mahasiswanya baik sebagai tenaga kependidikan yakni guru maupun tenaga non pendidikan agar profesional sesuai bidang keahliannya. UM tidak hanya menyelenggarakan pelaksanaan pengajaran di kampus. Tetapi mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melaksanakan praktek disekolah salah satunya yaitu melalui PPL. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan PPL lulusan Prodi Pendidikan Tata Busana UM dapat menerapkan kompetensi yang harus dimiliki guru dan pada akhirnya akan mendapatkan pengalaman mengajar sebelum mereka benar-benar menjadi guru. Minat menjadi guru muncul ketika mahasiswa memilih melanjutkan belajar di Universitas Negeri Malang. Minat tersebut mungkin dapat bertambah dan berkurang setelah mahasiswa mengikuti dan telah lulus mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti PPL baik PPL kampus maupun PPL sekolah dapat diwujudkan dalam bentuk penilaian. Mahasiswa jurusan program studi pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang mempunyai nilai PPL yang beragam. Diduga Salah satu faktor penyebab beragamnya nilai mahasiswa adalah adanya pengaruh minat menjadi guru. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional Spearman Rank dengan variabel bebas minat menjadi guru (x) dan variabel terikatnya nilai praktik pengalaman lapangan (y). Responden dalam penelitan ini adalah Mahasiswa Tata Busana Angkatan 2007 dengan jumlah responden 35. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data tentang minat dijaring menggunakan angket sedangkan data nilai PPL diambil melalui dokumentasi nilai akhir PPL. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dari 35 mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana yang diteliti paling banyak memilih faktor eksternal dengan indikator pengaruh orang tua sebanyak 71 4% dalam kategori setuju yang berarti berminat (2) Nilai Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana tergolong baik (Cukup Tinggi) karena paling banyak berada pada kategori A- dengan persentase nilai 43% (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara nilai praktik pengalaman lapangan dengan minat menjadi guru karena besarnya korelasi yaitu 0.420 atau 42%. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai praktek pengalaman lapangan dengan minat menjadi guru memilki hubungan yang signifikan karena apabila meningkatnya minat maka akan meningkatkan nilai. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan bagi jurusan untuk dapat meningkatkan minat mahasiswa perlu diadakan suatu pembekalan dan pelatihan yang lebih intensif bagi mahasiswa yang memiliki minat sedang sebaiknya melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keguruan yang dapat menambah informasi tentang profesi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48969

Actions (login required)

View Item View Item