Penggunaan media fragmen pada kompetensi membuat busana pria di SMK Negeri 1 Turen / Rifda Hinda Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media fragmen pada kompetensi membuat busana pria di SMK Negeri 1 Turen / Rifda Hinda Wati

Wati, Rifda Hinda (2012) Penggunaan media fragmen pada kompetensi membuat busana pria di SMK Negeri 1 Turen / Rifda Hinda Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Studi Penggunaan Fragmen Media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan. Dalam proses pembelajaran yang menggunakan media apabila dapat digunakan dengan baik dan benar maka akan berdampak positif kepada siswa. Fragmen adalah pecahan penggalan sedikit-sedikit memotong menjadi kepingan. Fragmen yang dimaksudkan pada penelitian ini adalah fragmen busana pada kompetensi membuat busana pria. Fungsi dari media itu sendiri adalah sebagai penyampai pesan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media fragmen tersebut digunakan dengan baik oleh guru pengajar kompetensi membuat busana pria di SMK Negeri I Turen. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) persiapan guru dalam menggunakan media fragmen (2) pelaksanaan guru dalam menggunakan media fragmen. Penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner sebagai alat pengumpul data. Pengambilan sampel yang digunakan adalah semua guru busana yang sedang mengajar kompetensi membuat busana pria di SMK Negeri I Turen yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum persiapan yang dilakukan guru dalam proses PBM dengan menggunakan media fragmen sudah digunakan dengan sangat baik hal ini ditunjukkan dengan adanya 5 pertanyaan dari 3 guru hanya ada 1 item guru menggunakan media digunakan dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa guru mempersiapkan media fragmen untuk kegiatan belajar mengajar sehingga materi dapat terselesaikan sesuai dengan yang diiginkan. Dari pelaksanaan penggunaan media fragmen ada 26 item guru melaksanakan menggunakan media fragmen dalam proses belajar mengajar akan tetapi ada beberapa hal yang dirasa kurang sesuai yaitu ada 4 item dimana guru tidak menggunakan media dengan baik. Jumlah terbatasnya media fragmen yang digunakan untuk siswa dengan jumlah siswa 35 orang sebaiknya guru menggunakan media disesuiakan dengan jumlah kelompok belajar siswa. Sehingga untuk pelaksanaan dapat dikategorikan media digunakan dengan baik di SMK Negeri I Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48958

Actions (login required)

View Item View Item