Analisis tingkat kenyamanan gaun berukuran L yang dibuat menggunakan pola meyneke dan pola so-en / Laely Rachmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kenyamanan gaun berukuran L yang dibuat menggunakan pola meyneke dan pola so-en / Laely Rachmania

Rachmania, Laely (2012) Analisis tingkat kenyamanan gaun berukuran L yang dibuat menggunakan pola meyneke dan pola so-en / Laely Rachmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Tingkat Kenyamanan Pola Meyneke Pola SO-EN. Kenyamanan dalam berbusana dapat dilihat pada dua (2) kriteria yaitu ketepatan ukuran dan ketepatan titi-titik pas pada tubuh pemakai. Ketepatan ukuran yang dimaksud adalah saat busana yang dipakai tidak longgar atau sempit pas datar mengikuti lekuk tubuh dengan tepat. Ketepatan titik-titik pas ( fitting factor ) adalah suatu lokasi atau titik pada pakaian yang menentukan sesuai atau tidaknya sistim pola tertentu untuk bentuk tubuh yang mempergunakannya. Pola Meyneke umumnya digunakan untuk busana pas badan karena memiliki kupnat pada bagian pinggang dan bahu. Pola SO-EN merupakan salah satu jenis pola konstruksi datar yang berasal dari jepang memiliki lipit kupnat di pinggang yang cukup lebar cocok untuk wanita gemuk dan membuat mantel. Peneliti ingin mengetahui bagaimanakah tingkat kenyamanan gaun untuk wanita berukuran L yang dibuat menggunakan pola Meyneke dan pola SO-EN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola manakah yang memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik tanpa bermaksud untuk membandingkan dari kedua pola tersebut. Berdasarkan tujuan penelitian jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti. Objek pada penelitian ini adalah tingkat kenyamanan pada titik-titik pas Subjek penelitian ini adalah pola Meyneke dan pola SO-EN pada pembuatan gaun berukuran L. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan yang terdiri dari sepuluh kriteria penilaian. Teknik analisisnya menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil validasi dari 3 panelis tingkat kenyamanan pada penggunaan pola Meyneke tingkatan nyaman mencapai 83 3% kurang nyaman 10% dan tidak nyaman 6 6%. Pola Meyneke memiliki tingkatan tidak nyaman pada kerung lengan hasilnya longgar dan bergelombang Kedudukan garis sisi kurang nyaman. Kedudukan panjang gaun tidak rata kedudukan garis bahu tidak nyaman. Sedangkan pola SO-EN 50% nyaman kurang nyaman 26 7% dan tidak nyaman 23 4%. Pola SO-EN memiliki tingkatan kurang nyaman pada lingkar badan longgar panjang punggung bergelembung panjang gaun tidak rata (bagian depan lebih panjang dari bagian belakang) dan garis sisi miring ke belakang. Tingkatan tidak nyaman pada titik kerung leher bergelombang garis bahu tertarik kebelakang kerung lengan bergelombang dan satu panelis memilih lingkar pinggang longgar). Saran bagi peneliti Untuk memperhatikan bagian tengah muka pada Pola SO-EN yang lebih panjang dari pada bagian sisi badan Untuk memperhatikan ukuran kontrol (ukuran uji) secara tepat pada Pola Meyneke memperhatikan kedudukan kerung lengan (untuk desain gaun tanpa lengan). Penelitian sejenis dapat menggunakan bahan dan metode yang berbeda dengan mencoba sistim pola yang lain dan tingkat kedalaman penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48957

Actions (login required)

View Item View Item