Keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Eswina Rosalia Meylani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Eswina Rosalia Meylani

Meylani, Eswina Rosalia (2011) Keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang / Eswina Rosalia Meylani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana. Sebagai pengajar atau pendidik guru merupakan salah satu fakor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Demikianpun dalam upaya membelajarkan siswa guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Untuk menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif guru hendaknya menguasai ketrampilan mengajar. Demikian pula dengan lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang yang dicetak untuk menjadi tenaga pendidik mereka harus siap terjun ke lapangan dengan kemampuan penguasaan keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan mengenai keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini bersifat diskriptif. Penelitian dilakukan pada lulusan dengan menyebarkan angket yang diisi oleh pihak berwenang dari lulusan tersebut dalam penelitian ini sumber datanya adalah kepala sekolah yang menjadi pimpinan dari sekolah tempat lulusan mengajar. Jumlah lulusan yang diteliti ada sebanyak 7 orang. Pengolahan data angket dilakukan dengan teknik distribusi frekuensi dan analisis pesentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan lulusan dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar adalah terampil. Untuk keterampilan bertanya persentasenya adalah 54 3% pada jawaban sering dengan kualifikasi terampil. Sedangkan keterampilan memberi penguatan lulusan dinyatakan terampil dengan persentase 66 7% pada jawaban sering. Untuk ketrampilan mengadakan variasi lulusan dinilai terampil dengan persentase 76 2% pada jawaban sering. Sedangkan untuk keterampilan menjelaskan dinilai terampil dengan persentase 71 5% pada jawaban sering. Dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran persentase yang diperoleh sebesar 66 7% pada jawaban sering yang mengindikasikan bahwa lulusan terampil. Untuk keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terdapat jumlah 69 1% yang berarti terampil. Selanjutnya untuk keterampilan mengelola kelas dinilai terampil dengan persentase 71 4%. Yang terakhir keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan persentase terbesar adalah 60 7% pada jawaban sering yang berarti lulusan terampil dalam menerapkan keterampilan tersebut. Lulusan yang dianggap paling terampil diantara lulusan yang lain adalah lulusan 7 dan lulusan yang kurang terampil adalah lulusan 6. Secara global dapat dilihat bahwa semua lulusan dianggap terampil dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di sekolah tempat lulusan mengajar saat ini.Dari sini dapat dilihat bahwa secara garis besar keterampilan mengajar lulusan S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang sudah dianggap baik oleh para pengguna lulusan dan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dapat meningkatkan kualitasnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48940

Actions (login required)

View Item View Item