Pengembangan modul pembelajaran mengawasi mutu busana wanita, bayi dan anak untuk SMK Tata Busana kelas X / Kiki Mahendra Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran mengawasi mutu busana wanita, bayi dan anak untuk SMK Tata Busana kelas X / Kiki Mahendra Sari

Sari, Kiki Mahendra (2010) Pengembangan modul pembelajaran mengawasi mutu busana wanita, bayi dan anak untuk SMK Tata Busana kelas X / Kiki Mahendra Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Mengawasi Mutu Busana SMK kelas X Pendidikan merupakan hal pokok yang mempengaruhi sumberdaya manusia (SDM). Berbagai usaha telah dilakukan demi pembaharuan dalam sistem pendidikan nasional. Pembaharuan tersebut merupakan implikasi adanya perubahan paradigma pendidikan diantaranya adalah dari teacher centered menuju student centered belajar berbasis pengetahuan menuju berbasis kompetensi dan pembelajaran instruktif menjadi fasilitatif. Perubahan tersebut menuntut siswa untuk mandiri dan berperan aktif dalam kegiatan belajarnya. Keberhasilan kegiatan belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah ketersediaan bahan ajar. Sesuai dengan perubahan spektrum 2008 terdapat beberapa standar kompetensi baru salah satunya adalah mengawasi mutu busana. Ketidaktersediaan bahan ajar untuk standar kompetensi ini merupakan masalah yang perlu dicari alternatif pemecahannya agar tidak mengganggu kegiatan belajar siswa. Tujuan dari pengembangan adalah untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran mengawasi mutu busana untuk SMK kelas X. Penelitian Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan modul dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4-D yang direkomendasikan oleh Thiagarajan. Keempat D dalam pengembangan ini antara lain Define (penentuan) Design (perancangan) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Karena penelitian merupakan penelitian pendahuluan pengembangan hanya dilakukan sampai pada tahap ke-tiga. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan masukan dari validator pada saat proses validasi. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan angka yang diberikan oleh validator dan siswa pada saat proses validasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket yang diserahkan kepada validator disertai dengan draft modul yang telah dibuat. Validasi dilakukan pada aspek media materi tata bahasa dan uji coba siswa. Proses validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang dihasilkan berdasarkan aspek media materi dan tata bahasa. Selain itu ujicoba siswa dilakukan untuk mengetahui tanggapan siswa dalam aspek kemampuan dan kemudahan siswa dalam mempelajari modul. Berdasarkan hasil dari validasi penelitian ini menunjukkan bahwa Validator ahli media memperoleh presentae 85 34% dengan kriteria valid ahli materi 1 memperoleh presentase 83 5 % dengan kriteria valid ahli materi 2 memperoleh presentase 84% dengan kriteria valid dan ahli materi 3 memperoleh presentase 72 5 % dengan kriteria cukup valid. Secara keseluruhan validasi ahli materi memperoleh presentase 80% dengan kriteria valid. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase82 37% dengan kriteria valid dan uji coba siswa memperoleh presentase 83 08% dengan kriteria valid. Dari hasil paparan data diatas dapat disimpulkan bahwa hasil pembuatan modul layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun demikian peneliti melakukan proses revisi berdasarkan masukan dari validator agar hasil pembuatan modul benar-benar dapat digunakan dan membantu siswa dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48932

Actions (login required)

View Item View Item