Penerapan prinsip-prinsip andragogi pada penelitian penguatan kapasitas sekretaris desa di balai besar pemberdayaan masyarakat dan desa Malang / Vani Ikawati Hening Wida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip-prinsip andragogi pada penelitian penguatan kapasitas sekretaris desa di balai besar pemberdayaan masyarakat dan desa Malang / Vani Ikawati Hening Wida

Wida, Vani Ikawati Hening (2012) Penerapan prinsip-prinsip andragogi pada penelitian penguatan kapasitas sekretaris desa di balai besar pemberdayaan masyarakat dan desa Malang / Vani Ikawati Hening Wida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan prinsip-prinsip andragogi pelatihan Balai Besar Pemberdayaan masyarakat dan Desa Malang adalah penyelenggara berbagai pelatihan dalam upaya memberdayakan masyarakat. t a k a r a y s a m n a a y a d r e b m e p g n a d i b i d s i n k e t a n a s k a l p t i n u u k a l e S menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Sekretaris Desa. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana pemahaman fasilitator terhadap prinsip-prinsip andragogi dalam implementasi pelatihan bagaimana tingkat penerapan prinsipprinsip andragogi pada pelatihan penguatan kapasitas sekretaris desa dan bagaimana keefektifan pelatihan berbasis andragogi dalam peningkatan kapasitas sekretaris desa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Angket/ kuesioner (2) observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) seluruh fasilitator pelatihan penguatan kapasitas sekretaris desa di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang ini termasuk dalam kriteria sangat memahami prinsip-prinsip andragogi pemahaman fasilitator ini dikarenakan rata-rata pendidikan fasilitator adalah sarjana (S1) dan magister (S2) juga didukung dengan pelatihan jabatan dan Trining Of Trainee (TOT) (2) fasilitator pelatihan penguatan kapasitas sekretaris desa di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang ini sering menerapkan prinsip-prinsip andragogi pada pelatihan hal ini dikarenakan banyaknya pengalaman fasilitator menjadi seorang pendidik orang dewasa dan masa kerjanya yang cukup lama (3) pelatihan berbasis andragogi ini termasuk dalam kriteria efektif dalam peningkatan kapasitas sekretaris desa. Dari hasil penelitian saran yang diajukan adalah (1) Bagi Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BBPMD) Malang hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kompetensi pelatihan yang akan diselenggarakan berikutnya. (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan informasi dan bahan kajian dalam pengembangan program-program Pendidikan Luar Sekolah dan juga dalam mata kuliah pendidikan dan pembelajaran orang dewasa terutama kosentrasi pemberdayaan masyarakat dan pelatihan. (3) Bagi Peneliti Lain Diharapkan ada penelitian lanjutan tentang penerapan prinsip-prinsip belajar orang dewasa pada program-program pendidikan selain pelatihan yang sasarannya adalah orang dewasa dengan fokus penelitian yang berbeda sehingga hasil penelitian tentang penerapan prinsip belajar orang dewasa lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4893

Actions (login required)

View Item View Item