Pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran embroidery (Studi pada siswa kelas X jurusan tata busana SMK Negeri 7 Malang) / Diah Harianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran embroidery (Studi pada siswa kelas X jurusan tata busana SMK Negeri 7 Malang) / Diah Harianti

Harianti, Diah (2010) Pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran embroidery (Studi pada siswa kelas X jurusan tata busana SMK Negeri 7 Malang) / Diah Harianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Hasil Belajar Embroidery Minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih suka suatu hal daripada hal yang lainnya dapat pula dinyatakan dalam bentuk partisipasi dalam suatu aktivitas. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu subyek akan cenderung memberikan perhatian yang lebih besar terhadap obyek tersebut. Hasil belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran hasil belajar. Hasil belajar ini dinyatakan dalam bentuk nilai yang diperoleh dari nilai tugas dan nilai ujian.Embroidery merupakan salah satu mata pelajaran yang disajikan dalam kurikulum. Tujuan dari pembelajaran ini memberikan kemampuan kepada siswa dalam penguasaan pembuatan sulaman. Minat belajar Embroidery merupakan hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pengujian tentang pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Embroidery. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara minat belajar Embroidery terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah minat belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang diperoleh dari nilai siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi uji validitas menggunakan korelasi Product Moment sedangkan reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 18 siswa ( 60 % ) memiliki minat dalam kategori cukup sedangkan hasil belajar siswa dengan SKM ( Standar Ketuntasan Minimum ) yaitu nilai 7 menunjukkan 15 siswa ( 50 % ) dalam kategori cukup. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sebesar 0 05 adalah 4 18. Karena F hitung ( 8 826 ) F tabel ( 4 18 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Embroidery siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Embroidery siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48928

Actions (login required)

View Item View Item