Penerapan konsep SBI (Sekolah Bertaraf International) pada mata pelajaran menggambar busana (Fashion Drawing) di kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Ainun Nikmah Prawitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan konsep SBI (Sekolah Bertaraf International) pada mata pelajaran menggambar busana (Fashion Drawing) di kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Ainun Nikmah Prawitasari

Prawitasari, Ainun Nikmah (2010) Penerapan konsep SBI (Sekolah Bertaraf International) pada mata pelajaran menggambar busana (Fashion Drawing) di kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Ainun Nikmah Prawitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prawitasari Ainun Nikmah. 2010. Penerapan Konsep SBI Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana (Fashion Drawing) Dikelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Busana Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dra. Anti Asta Viani M.Pd. Pembimbing II Dra. Endang Prahastuti M.Pd Kata Kunci Konsep SBI Menggambar Busana Penerapan Penerapan konsep SBI diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan memiliki pengetahuan secara global agar setingkat dengan para lulusan luar negeri lainnya dan dapat diunggulkan dalam era globalisasi dimana peserta didik diarahkan kepada lingkungan masyarakat dengan menempatkan IPTEK dan ilmu pengetahuan. Menggambar busana (Fashion Drawing) merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang melatih siswa untuk cara menggambar dan mengembangkan ide-idenya tentang busana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan materi (2) penerapan media (3) penerapan metode pembelajaran dan (4) penerapan evaluasi dalam konsep SBI pada mata pelajaran Menggambar Busana di kelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Jenis rancangan yang digunakan secara deskriptif. Kehadiran penelitian adalah peneliti secara langsung. Sumber data primer adalah peneliti sebagai pengumpul data data sekunder adalah Ketua Jurusan guru dan siswa. Data penguat yang disertakan adalah dokumentasi dan foto-foto dilapangan teknik yang digunakan adalah snowball sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara dokumentasi dan observasi tahap dalam analisis data menggunakan reduksi data paparan data dan kesimpulan data. Pengabsahan data menggunakan triangulasi ketekunan pengamatan dan kecukupan referensial . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep SBI adalah (1) penerapan materi menunjukkan bahwa pelaksanaan hard skill dan life skill saat menyampaikan berbasis materi (PTD) ini telah menerapkan konsep kecakapan hidup (life skill). Adapun pelaksanaan PTD khususnya kelas X belum terlaksana (2) penerapan media berbasis IT telah menggunakan media berbasis IT dalam PBM dan pelaksanaan bilingual system hanya digunakan sebagai pengenal istilah-istilah busana dalam bahasa inggris dan belum digunakan sebagai bahasa pengantar dalam belajar (3) guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam menyampaikan materi. Adapun penerapan metode pembelajaran PAIKEM belum diterapkan secara utuh oleh guru kepada siswa dan (4) hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengambilan nilai akhir dalam proses belajar mengajar mengacu pada SKL yang telah sesuai dengan SNP dan standar pada SBI. Saran yang dapat diberi berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) guru menyampaikan materi dasar PTD kepada siswa sehingga siswa berada di v i kelas XI dapat mengembangkan materi tersebut dengan menyesuaikan jurusan yang telah ditentukan (2) sekolah meningkatkan sarana pembelajaran berupa LCD dan laptop sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar lain yang membutuhkan dan dalam penerapan bilingual system ini guru maupun siswa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris dan (3) sekolah sering mengadakan pelatihan atau mengikuti pelatihan/seminar dan baik guru maupun pihak sekolah selalu mengikuti perkembangan informasi tentang pelatihan /seminar tentang pembelajaran berbasis SBI terutama tentang metode PAIKEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48922

Actions (login required)

View Item View Item