Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah praktikum pembuatan busana (Studi kasus pada mahasiswa angkatan 2004-2006 Jurusan D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang) / Asti Setia Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah praktikum pembuatan busana (Studi kasus pada mahasiswa angkatan 2004-2006 Jurusan D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang) / Asti Setia Wardhani

Wardhani, Asti Setia (2010) Perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar mata kuliah praktikum pembuatan busana (Studi kasus pada mahasiswa angkatan 2004-2006 Jurusan D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang) / Asti Setia Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawardhani Asti. 2009. Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Praktikum Pembuatan Busana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2004 - 2006 Jurusan D3 Tata Busana Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nurul Aini M.Pd. (2) Dra. Agus Hery S.I. M.Pd. Kata Kunci Prestasi Belajar Latar Belakang Pendidikan SMK dan SMA/MA. Program studi D3 Tata Busana jurusan Teknologi Industri sebagai salah satu bagian dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang bertugas untuk menghasilkan lulusan yang homogen sebagai tenaga kependidikan non guru tanpa memandang latar belakang pendidikan mahasiswa. Padahal input mahasiswa D3 Tata Busana adalah heterogen yaitu berasal dari lulusan SMK dan SMA/MA yang memiliki dasar karakter pendidikan yang berbeda satu dengan yang lain. Adanya perbedaan karakter pendidikan antara SMK dan SMA/MA diduga dapat menjadi salah satu sebab terjadinya perbedaan prestasi belajar pada program studi D3 Tata Busana khususnya pada mata kuliah praktikum pembuatan busana. Perbedaan tersebut antara lain adanya pengelompokan mata pelajaran ke dalam mata pelajaran produktif adaptif dan normatif di SMK dimana pengelompokan mata pelajaran ini tidak dijumpai di SMA/MA. Perbedaan karakter pendidikan tersebut adalah kalau SMA/MA diarahkan pada kemampuan kognitif dan teori sedangkan SMK lebih diarahkan pada kemampuan psikomotorik/keterampilan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar mahasiswa D3 Tata Busana pada mata kuliah praktikum pembuatan busana antara yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan SMA/MA. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Perolehan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan mengambil nilai akhir mata kuliah praktikum pembuatan Busana (TDM TPB I TPB II TPB Industri Tailoring dan Teknik Menjahit Adi Busana). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2004 2005 dan 2006 sejumlah 111 mahasiswa. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi/total sampling yaitu mahasiswa angkatan 2004 2005 dan 2006 sejumlah 111 mahasiswa dengan rincian 50 mahasiswa berlatar belakang SMK dan 60 mahasiswa berlatar belakang SMA/MA. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5 % yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Dari uji normalitas diketahui probabilitas 0.062 0 05 berarti data prestasi belajar mahasiswa berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diketahui nilai F sebesar 0.001 dan nilai Sig sebesar 0.969. Dari tabel statistik untuk alpha 5% degree of freedom 1 1 dan degree of freedom 2 109 diperoleh F-tabel sebesar 3.93. Karena nilai F Ftabel (0.001 3.93) dan nilai Sig 5% (0.969 0.05) maka varian kedua kelompok yang diuji adalah sama. Dari hasil uji-t diperoleh nilai t sebesar 6.345 dan Sig t sebesar 0.000. Dari tabel statistik untuk degree of freedom sebesar 109 diperoleh t-tabel sebesar 1.98. Karena nilai t (6.345 1.98) dan Sig t 0 05 (0.000 0.05) maka Ha dalam penelitian ini yang menyatakan terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa berlatar belakang pendidikan SMK dan SMA/MA adalah diterima. Perbedaan prestasi belajar mahaiswa berlatar belakang SMK dan SMA/MA terletak pada nilai prestasi pada mata kuliah praktikum pembuatan busana yaitu mahasiswa berlatar belakang SMK memiliki kriteria sangat tinggi yaitu dengan rata-rata nilai 9.57. Sedangkan prestasi belajar mahasiswa berlatar belakang SMA/MA pada mata kuliah praktikum pembuatan busana memiliki kriteria tinggi yaitu dengan rata-rata nilai 8.23. Berdasarkan atas kualifikasi prestasi belajar mayoritas mahasiswa berlatar belakang SMK adalah pada kualifikasi sangat tinggi (31 dari 51 mahasiswa) sedangkan mayoritas mahasiswa berlatar belakang SMA/MA adalah pada kualifikasi tinggi (42 dari 60 mahasiswa). Hal tersebut berarti prestasi belajar mata kuliah praktikum pembuatan busana mahasiswa berlatar belakang SMK lebih tinggi dibandingkan mahasiswa berlatar belakang SMA/MA karena mahasiswa berlatar belakang SMK telah dibekali pengetahuan tentang pembuatan busana sedangkan mahasiswa berlatar belakang SMA/MA tidak dibekali pengetahuan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hipotesis (Ha) yang dirumuskan yaitu adanya perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang berlatar belakang SMK dengan mahasiswa yang berlatar belakang SMA/MA dapat terbukti yakni Ha diterima karena nilai t (6.345 1.98) dan Sig t 0 05 (0.000 0.05) pada taraf signifikansi 5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa berlatar belakang pendidikan SMK dan SMA/MA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48921

Actions (login required)

View Item View Item