Ketersediaan dan pemanfaatan buku teks bahan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai sumber belajar untuk program kesetaraan Paket C se-kota Malang / Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Ketersediaan dan pemanfaatan buku teks bahan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai sumber belajar untuk program kesetaraan Paket C se-kota Malang / Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2012) Ketersediaan dan pemanfaatan buku teks bahan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai sumber belajar untuk program kesetaraan Paket C se-kota Malang / Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci ketersediaan pemanfaatan dan sumber belajar Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia tutor tidak dapat menyampaikan seluruh bahan pelajaran secara jelas kepada warga belajar karena keterbatasan waktu dan banyaknya materi yang harus disampaikan. Salah satu usaha untuk memperbaikinya adalah dengan menyediakan dan memanfaatkan buku teks bahan belajar pendidikan secara lebih optimal dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ketersediaan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai sumber belajar di tingkat tutor warga belajar dan lembaga penyelenggara program kesetaraan paket C 2) pemanfaatan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai sumber belajar di tingkat tutor warga belajar dan lembaga penyelenggara program kesetaraan paket C. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengelola tutor dan warga belajar program kesetaraan paket C se- Kota Malang sampel yang digunakan berjumlah 98 orang yang terdiri dari 7 pengelola lembaga 7 tutor dan 84 warga belajar baik mahir 1 2 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 70% lembaga program kesetaraan paket C se- Kota Malang telah menyediakan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. 65 1% tutor paket C se- Kota Malang memiliki buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setiap WB paket C se- Kota Malang hanya memiliki1 buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. 54 3% lembaga program kesetaraan paket C se- Kota Malang telah menyediakan dengan pemanfaatan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. 67 6% tutor paket C se- Kota Malang telah memanfaatkan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. 66 7% WB paket C se -Kota Malang memanfaatkan buku teks bahan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) Bagi lembaga Penyelenggara Paket C perlu melengkapi koleksi buku teks dan buku referensi yang ada di TBM Memfasilitasi pemanfaatan buku teks elektronik dalam pembelajaran sejarah dengan mencetak sesuai dengan kebutuhan tutor dan warga belajar. (2) Bagi Tutor perlu melengkapi pemanfaatan buku teks dengan sumber dan media pembelajaran yang lain sehingga pembelajaran tidak bersifat text book oriented mencari sumber-sumber Bahasa Indonesia yang baru dari referensi lain sebagai pelengkap dan pembanding buku teks memanfaatkan teknologi informasi seperti internet untuk menunjang pemanfaatan dan mengatasi keterbatasan buku teks. (3) bagi warga belajar hendaknya warga belajar dapat memanfaatkan sumber belajar lain yang ada di perpustakaan/TBM karena hal ini dapat menambah wawasan warga belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item View Item