Pengelolaan media pembelajaran pada materi sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri Kodya Malang / Fariddatul Mariyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan media pembelajaran pada materi sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri Kodya Malang / Fariddatul Mariyana

Mariyana, Fariddatul (2010) Pengelolaan media pembelajaran pada materi sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri Kodya Malang / Fariddatul Mariyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mariyana Fariddatul. 2009. Pengelolaan Media Pembelajaran Pada Materi Sulaman Berwarna Dalam Mata Diklat Membuat Hiasan Busana di SMK Negeri Kodya Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M. Pd (II) Dra. Rosanti Rosmawati. Kata Kunci perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Pengelolaaan media pembelajaran materi sulaman berwarna merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan dan evaluasi media pembelajaran pada materi sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 7 Malang. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa SMK Negeri se-Kodya Malang yang memiliki keahlian tata busana. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling jadi sampelnya yaitu guru berjumlah 3 orang dan siswa kelas X berjumlah 87 mata diklat membuat hiasan busana materi sulaman berwarna SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi untuk guru dan angket untuk siswa. Menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan analisis data menggunakan analisis prosentase. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan media pembelajaran sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 7 Malang meliputi pemilihan media yang dilakukan oleh guru sudah mempertimbangkan faktor-faktor obyektif karakteristik siswa tujuan pembelajaran keefektifan dan efisiensi media waktu untuk mempersiapkan media pembelajaran dana yang tersedia disekolah (memanfaatkan media yang ada) kepraktisan media (menggunakan media yang sederhana) dan kemudahan untuk memperoleh media sulaman berwarna. Penyediaan media sulaman berwarna disekolah terdiri dari fragmen gambar benda jadi dan modul. Sedangkan media yang sering digunakan untuk menyampaikan materi sulaman berwarna yaitu modul dan fragmen (2) Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 7 Malang terdiri dari penyampaian materi sulaman berwarna dengan menggunakan media disertai dengan penjelasan oleh guru dilakukan secara berulang karena sebagian besar siswa belum mengerti. Namun sebagian kecil siswa yang sudah mengerti merasa jenuh dengan penjelasan ulang tersebut. Pada saat mengajar guru selalu membawa media sulaman berwarna tetapi dalam menyampaikan materi tidak dilakukan secara bertahap. Dalam penggunaan media cukup banyak guru yang menguasai penggunaan media walaupun masih ada yang belum dapat menggunakan sendiri namun hal itu tidak menghambat kegiatan belajar-mengajar karena dibantu guru satu team. Sedangkan jumlah media yang sangat terbatas menjadi faktor penghambat kegiatan belajar-mengajar. Adapun bentuk pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi sulaman berwarna yaitu pembelajaran individu dan kelompok. Metode yang digunakan yaitu ceramah tanya jawab demonstrasi dan pemberian tugas (3) Evaluasi media pembelajaran sulaman berwarna dalam mata diklat membuat hiasan busana di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 7 Malang yaitu masih ada siswa yang belum dapat memahami materi yang telah disampaikan dengan menggunakan media. Penyampaian materi sulaman berwarna dengan menggunakan media hanya meningkatkan minat dan perhatian siswa tetapi tidak meningkatkan motivasi untuk belajar dan bertanya. Penilaian pembelajaran sulaman berwarna dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan dengan pemeriksaan tugas siswa pada setiap akhir kegiatan pembelajaran sedangkan penilaian hasil melalui penilaian terhadap hasil praktek siswa sehari-hari. Pelaksanaan praktek tersebut bermanfaat bagi siswa untuk persiapan ujian semester. Penggunaan media sulaman berwarna mempercepat sebagian besar siswa untuk memahami materi dan memperlancar dalam menyelesaikan tugas sulaman berwarna. Media yang digunakan untuk mengajar kurang baik warnanya kusam karena selalu berpindah-pindah tangan dari siswa yang satu ke siswa yang lain dan motif hiasannya sangat sederhana. Tetapi media tersebut masih dapat dipakai untuk menyampaikan materi. Media sulaman berwarna yang digunakan setelah mengajar dirawat dan disimpan kembali pada tempatnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar kepala sekolah melakukan peninjauan tentang pengelolaan media pembelajaran dan meningkatkan kualitas mengajar guru keahlian tata busana. Guru diharapkan dapat melengkapi media yang ada disekolah dengan langkah kerja pertahap memberikan penjelasan secara bertahap pada waktu mengajar meningkatkan penguasaan dalam penggunaan media pembelajaran dan menggunakan media yang masih baik (beraneka ragam motif hiasannya rapi penyelesaiannya warna tidak kusam) dengan tujuan untuk memberi motivasi siswa dan menyediakan media yang sesuai dengan jumlah siswa. Siswa diharapkan lebih memperluas pengetahuan yang dimiliki dengan membaca buku referensi tentang sulaman berwarna dan menyelesaikan tugas sulaman berwarna tepat waktu. Sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang pembuatan media sulaman berwarna yang dilengkapi dengan langkah kerja pertahap sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48918

Actions (login required)

View Item View Item