Pengaruh keterampilan mengajar guru produktif terhadap prestasi belajar menjahit dengan mesin siswa kelas X dan XI SMKN 1 Batu / Naning Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keterampilan mengajar guru produktif terhadap prestasi belajar menjahit dengan mesin siswa kelas X dan XI SMKN 1 Batu / Naning Rahayu

Rahayu, Naning (2010) Pengaruh keterampilan mengajar guru produktif terhadap prestasi belajar menjahit dengan mesin siswa kelas X dan XI SMKN 1 Batu / Naning Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketrampilan adalah suatu kemampuan yang di miliki oleh seseorang dalam suatu pekerjaan tertentu. Ketrampilan guru merupakan kemampuan untuk elaksanakan perannya sebagai guru di dalam pembelajaran sehingga tujuan embelajaran dapat tercapai. Mengajar erupakan suatu proses yang kompleks yang dak hanya menyampaikan informasi dari guru kepada siswa melainkan banyak hal yang harus di kerjakan selain hal tersebut. Jika mengajar hanya diartikan dengan enyampaian materi saja maka proses pembelajaran akan lebih di dominasi oleh guru ehingga lebih bersifat verbalisme. Mengajar adalah segala upaya yang dilakukan ecara sengaja dalam rangka memberikan kemungkian bagi siswa untuk terjadinya roses belajar sesuai dengan tujuan yang telah di rumuskan. Mengajar adalah enyampaikan atau menularkan pengetahuan dan pandangan yang mana baik guru aupun murid harus mengerti bahan yang akan dibicarakan sehingga tercipta proses elajar mengajar. Aktifitas yang menonjol dalam pengajaran adalah siswa akan tetapi ukan berarti keberadaan guru tersisihkan uru tidak berperan sebagai satu-satunya enyampai informasi melainkan guru sebagai pengarah dan pemberi fasilitas untuk teradinya proses belajar. Ketrampilan dasar mengajar seorang guru adalah kemampuan yang dimiliki oleh eorang guru dalam melaksanakan perannya dalam proses pembelajaran yang erupakan syarat mutlak agar guru dapat mengimplementasikan berbagai strategi embelajaran sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Prestasi elajar erupakan stilah untuk menunjukkan suatu pencapaian ingkat keberhasilan dari usaha yang dilakukan. Prestasi merupakan hasil yang telah icapai dilakukan dikerjakan dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah erubahan tingkah laku yang dicapai melalui proses belajar. Prestasi belajar pada enelitian ini diidentifikasikan pada nilai akhir pencapaian kompetensi siswa. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang di ukur dalam bentuk perubahan engetahuan sikap dan ketrampilan dimana perubahan tersebut lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Prestasi belajar merupakan penilaian hasil usaha kegiatan belajar mengajar yang dapat dinyatakan dalam bentuk symbol angka huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Berdasarkan beberapa pengertian tersebut prestasi belajar merupakan hasil dari perubahan belajar untuk menentukan sebuah tingkat dan penguasaan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai akhir atau angka yang diberikan oleh seorang guru. Prestasi dari suatu kegiatan belajar di SMK lebih di identifikasikan pada tingkat pencapaian suatu kompetensi. Tingkat kompetensi. tersebut terdiri dari kompetensi dasar standar serta kompetensi lulusan. Prestasi merupakan pencapaian pemahaman dan penguasaan materi pelajaran yang mempengaruhi cara bertindak dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Prestasi belajar pada penelitian ini lebih condong pada prestasi belajar siswa yang mana merupakan hasil belajar yang telah dicapai siswa selama proses pembelajaran. Aspek kognitif lebih diutamakan pada proses penilaian prestasi belajar karena aspek tersebut berkaitan dengan kemampuan siswa dalam pengetahuan atau ingatan pemahaman aplikasi analisis sintesa dan evaluasi. Prestasi tidak hanya perubahan penguasaan ilmu pengetahuan akan tetapi juga perubahan tingkah laku ketrampilan dan kecakapan. Sehingga jika seseorang telah menyelesaikan suatu rangkaian materi yang telah dipelajari maka baru dapat dilihat apakah seseorang tersebut berprestasi. Prestasi belajar akan tercapai jika seluruh komponen yang mendukung mampu memberikan motivasi dalam hal ini bisa orang tua guru teman ataupun dalam diri individu tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan angket tertutup. Jumlah populasi pada penelitian ini terdiri dari 62 orang sehingga penelitian ini menggunakan sampel populasi atau penelitian populasi karena seluruh siswa digunakan sebagai sampel. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan Tata Busana SMK Negeri 01 Batu. Hasil penelitian di SMKN 01 Batu yang dilaksanakan dengan menggunakan metode angket yang disebarkan kepada 62 responden menyatakan adanya beberapa klasifikasi prosentase ketrampilan mengajar guru produktif mata pelajaran menjahit dengan mesin. Hasil penelitian menyatakan bahwa ketrampilan mengajar guru produktif memiliki tingkatan yang tinggi dengan prosentase sebesar 3 2 % kemudian tingkatan cukup dengan prosentase sebesar 69 4 % serta tingkatan kurang dengan prosentase sebesar 27 4% dan pada tingkatan sangat kurang terdapat 0 %. Tingkatan atau kriteria ketrampilan mengajar guru dapat di kategorikan berdasarkan rentangan angka dalam prosentase disimpulkan bahwa tingkatan tinggi berarti guru yang telah menguasai dasar-dasar ketrampilan mengajar seperti membuka pelajaran sampai dengan mengevaluasi kegiatan pembelajaran pada rentangan 51%-100% sedangkan tingkatan cukup berarti seorang guru yang menguasai ketrampilan mengajar akan tetapi aplikasi pembelajarannya masih kurang atau berada pada tingkat pemahaman 26%-50% jika guru yang memiliki tingkatan kurang berarti guru memahami ketrampilan mengajar akan tetapi belum menguasai atau pada kisaran pemahaman sebesar 0%-25% dan jika guru memiliki ketrampilan mengajar sangat kurang dapat dikategorikan guru tersebut belum memiliki ketrampilan mengajar. Kedudukan ketrampilan mengajar guru produktif pada penelitian tersebut rata-rata pada posisi ketrampilan mengajar yang cukup hal ini mampu menjelaskan bahwa kompetensi dasar maupun standar guru produktif mata pelajaran menjahit dengan mesin SMKN 01 Batu masih belum maksimal dimana guru mengetahui memahami dan memilki ketrampilan mengajar akan tetapi aplikasinya masih kurang sehingga peningkatan sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik perlu ditingkatkan baik kualitas akademisnya maupun komponen-komponen pendukung yang lain. Berdasarkan penelitian dengan bantuan metode angket yang disebarkan kepada 62 responden didapat hasil penilaian ketrampilan mengajar guru sedangkan variabel Y atau prestasi belajar berupa hasil rekap nilai semester akhir pada mata pelajaran Menjahit dengan Mesin. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kedudukan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Menjahit dengan Mesin sebesar 35 49 % pada criteria tinggi 54 83 % pada kriteria cukup 9 68 % pada kriteria kurang dan kriteria sangat kurang terdapat 0 %. Sehingga prestasi belajar siswa tersebut rata-rata pada kriteria cukup. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya ketrampilan mengajar guru produktif berdasarkan penelitian sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Menjahit dengan Mesin menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 0.619. Semua variabel independen atau variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat atau dependen sebesar 0.619 yang artinya pengetahuan ketrampilan mengajar guru produktif berpengaruh sebesar 61.9 % terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI jurusan Tata Busana pada mata pelajaran Menjahit dengan Mesin. Sisanya sebesar 38.1 % dijelaskan dari variabel lain selain variabel yang digunakan di dalam penelitian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.619 atau pengaruh pengetahuan ketrampilan mengajar guru produktif sebesar 61.9 % menyebabkan prestasi belajar siswa lebih beragam hal ini terjadi karena terdiri dari beberapa faktor antara lain faktor intrinsik atau dari dalam diri pendidik dan faktor ekstrinsik atau dari luar atau lingkungan yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48916

Actions (login required)

View Item View Item