Evaluasi hasil pelaksanaan pendidikan Sistem Ganda (PSG) di jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang / Annisau Nafiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi hasil pelaksanaan pendidikan Sistem Ganda (PSG) di jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang / Annisau Nafiah

Nafiah, Annisau (2009) Evaluasi hasil pelaksanaan pendidikan Sistem Ganda (PSG) di jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang / Annisau Nafiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafiah Annisau. 2009. Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Program Studi Pendidikan Tata Busana FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Anti Asta Viani M. Pd (II) Dra. Rosanti Rosmawati. Kata kunci Evaluasi PSG Evaluasi merupakan sebuah proses penggambaran pencarian pemberian informasi yang sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan dan menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. PSG merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan terarah untuk mencapai penguasaan kemampuan keahlian tertentu. Pelaksanaan PSG yang menghasilkan lulusan yang produktif dan profesional serta bisa bekerja secara langsung pada Dunia Usaha/Industri yang merupakan institusi pasangannya tentunya telah banyak yang dilakukan oleh keduanya baik oleh pihak SMK maupun Dunia Usaha/Industri. Pendidikan sistem ganda hanya mungkin dapat dilaksanakan jika ada kesediaan dan kemauan Dunia Usaha/Industri yang menjadi institusi pasangan sekolah kejuruan melaksanakan bersama program pendidikan kejuruan. Oleh karena itu pihak lembaga pendidikan sekolah dituntut untuk mampu menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri. Mengingat Dunia Usaha/Industri belum begitu merasa wajib untuk menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan maka sikap proaktif dari lembaga pendidikan kejuruan perlu dilakukan dalam mencari institusi pasangan. Seberapa besar hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan PSG di jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang belum banyak diketahui. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini mengambil studi kasus di SMK Negeri 5 Malang JurusanTata Busana yang telah melaksanakan PSG. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel populasi sedangkan pengumpulan datanya menggunakan angket/kuesioner dan menggunakan analisis prosentase. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan PSG di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang dilihat dari evaluasi Context sebesar 42 85% dapat dikategorikan sangat baik (2) dilihat dari evaluasi Input pelaksanaan PSG di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang sebesar 54 55% dapat dikategorikan baik (3) dilihat dari evaluasi Procces pelaksanaan PSG di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang sebesar 54 55% dapat kategorikan sangat baik (4) dan dilihat dari evaluasi Product pelaksanaan PSG di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 5 Malang sebesar 60% dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) siswa perlu diberikan banyak latihan untuk meningkatkan kemampuan praktik dasar yang mereka miliki agar mampu menunjang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh Dunia Usaha/Industri (2) untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan penempatan bidang pekerjaan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa (3) perlu diadakan perbaikan pada aspek sarana dan prasarana yang tersedia meliputi pemakaian alat pelindung diri untuk menghindari terjadinya kecelakaam kerja pemberian pekerjaan pada saat praktik hendaknya disesuaikan dengan kemampuan siswa sehingga siswa tidak merasa cepat bosan dan malas mengerjakannya. Selain itu juga perlu ditingkatkan tanggung jawab sekolah dalam penyelenggaraan PSG (4) melatih kecepatan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah dan melatih siswa untuk berinteraksi dengan orang lain sebagai bahan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berbagai macam karakter yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48912

Actions (login required)

View Item View Item