Faktor-faktor yang mempengarui konsumen pada pembelian busana wanita di Desa Wonokerto Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengarui konsumen pada pembelian busana wanita di Desa Wonokerto Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mufidah

Mufidah (2009) Faktor-faktor yang mempengarui konsumen pada pembelian busana wanita di Desa Wonokerto Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirausaha adalah jenis usaha mandiri yang didirikan oleh seorang wirausahawan. Kemampuan wirausaha/kewiraniagaan merupakan perpaduan antara seni berkomunikasi dan keahlian menawarkan ide agar memperoleh peluang untuk memasarkan produk. Memulai usaha diperlukan perencanaan dalam bentuk dokumen yang berisikan ide dasar dan pertimbangan mendirikan sebuah wirausaha. Dalam rencana bisnis perlu diproyeksikan aspek pemasaran pengoperasian dan pembiayaan aktifitas yang dilakukan selama tiga sampai lima tahun pertama membuka usaha. Perencanaan usaha ini memiliki empat tujuan dasar yaitu identifikasi lingkungan dan kesempatan bisnis pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan peluang atau kesempatan identifikasi faktor penentu keberhasilan usaha dan rencana pemodalan. Pengkajian faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli busana wanita bermanfaat untuk mengetahui perilaku konsumen dan selera konsumen terhadap produk. Hal ini bermanfaat untuk mengembangan strategi pemasaran yang diharapkan mampu meraih pangsa pasar yang tersedia serta mempermudah pendistribusian produk. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan populasi sejumlah 3500 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling dengan jumlahnya responden 252 yang terbagi atas empat dusun yaitu dusun Krajan dusun Gampingan dusun Wonogiri dusun Gemuk Mojo. Variabel penelitian adalah faktor pribadi (usia pekerjaan ekonomi gaya hidup dan kepribadian) dan faktor sosial (kelompok keluarga peran status). Konsumen yang akan dijadikan sampel untuk penelitian ini adalah konsumen wanita desa Wonokerto. Busana wanita yang dimaksudkan dalam penelitian ini yaitu busana yang dipergunakan oleh wanita untuk keperluan sehari-hari atau kesempatan tertentu. Sesuai dengan jenis data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian adalah secara dokumentasi kuesioner dan wawancara sedangkan teknik analisanya menggunakan rumus prosentase.Hasil penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen pada pembelian busana wanita dapat diketahui sebagai berikut Faktor usia meliputi konsumen dalam membeli busana mempertimbangkan model busana sesuai usia prosentasenya 92 % mengikuti tren yang sesuai usia prosentasenya 76.2 % berdasarkan kebutuhan yang sesuai usia prosentasenya 85.5 % berdasarkan hiasan bordir dan manik-manik yang sesuai usia prosentasenya 73.8 %. Faktor pekerjaan meliputi konsumen membeli busana menyesuaikan dengan pekerjaan prosentasenya 69.5 % menyesuaikan model busana dengan lingkungan pekerjaan prosentasenya 60 % dengan jabatan pekerjaan prosentasenya 65 %. Faktor ekonomi meliputi konsumen dalam membeli busana mempertimbangkan keadaan ekonomi prosentasenya 56.7 % membeli busana secara tunai prosentasenya 61 % melihat tingkat keuangan prosentasenya 51 %. Faktor gaya hidup meliputi konsumen menyesuaikan keserasian dalam berbusana prosentasenya 58.3 % keserasian warna prosentasenya 65.4 % menggunakan pelengkap busana prosentasenya 82 % menggunakan busana kerja ketika kerja prosentasenya 63.8 %. Faktor kepribadian meliputi konsumen memilih ukuran busana yang pas badan prosentasenya 78 9 % motif geometris (kotak garis) prosentasenya 85.7 % menyukai warna terang prosentasenya 71.8 % model rok panjang prosentasenya 67 %. Faktor kelompok meliputi konsumen mengikuti orang-orang yang menjadi acuan tren prosentasenya 59.5 % pemilihan merek busana sesuai pendapat kelompok prosentasenya 75.3 % mempertimbangkan informasi dari kelompok prosentasenya 75.3 %. Faktor keluarga meliputi ketika membeli busana mempertimbangkan orang tua prosentasenya 63 % pasangan dalam keluarga prosentasenya 59 % kebiasaan berbusana keluarga prosentasenya 61.5 %. Faktor peran status meliputi mempertimbangkan peran statusnya dimasyarakat prosentasenya 70 % memilih model busana prosentasenya 61 % menggunakan busana sehari-hari sesuai peran statusnya prosentasenya 57.5 % menggunakan busana yang sesuai dengan peran statusnya ketika pergi ke pesta prosentasenya 65.8 %. Dapat disimpulkan bahwa dalam berwirausaha hendaknya produsen menyiapkan produk dengan mode tren dan kebutuhan busana yang sesuai usia menyediakan busana yang sesuai dengan pekerjaan konsumen tingkat ekonomi dan gaya hidup masyarakat desa Wonokerto. Mode busana yang disarankan adalah mode yang memiliki ukuran busana pas badan memiliki motif geometris (kotak garis) dan rok panjang. Serta dalam memilih busana melihat orang-orang yang menjadi acuan tren dan mempertimbangkan pendapat dan informasi dari kelompok dilingkungannya. Pendapat keluarga dan kebiasaan berbusana keluarga akan menjadi pertimbangan dalam membeli busana. Peran status dimasyarakat juga menjadi pertimbangan dalam membeli dan memilih model busana. Saran bagi wirausahawan agar dalam menentukan produk yang akan dijual para wirausahawan mempertimbangkan usia konsumen yang akan menjadi segmen pasarnya melihat kebutuhan lingkungan yang akan dibidik menjadi pasar sasaran. Bagi penelitian lanjut penulis agar meneliti tentang pengaruh perilaku konsumen terhadap tingkat produksi busana dengan menentukan konsumen yang dijadikan sampel penelitian dari sebuah perusahaan atau para wirausahawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48911

Actions (login required)

View Item View Item