Penerapan metode action learning berbasis pra koperasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi / Putri Ayu Rosyada - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode action learning berbasis pra koperasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi / Putri Ayu Rosyada

Rosyada, Putri Ayu (2012) Penerapan metode action learning berbasis pra koperasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi / Putri Ayu Rosyada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Action learning Pendidikan Luar Sekolah Mata pelajaran ekonomi pada dasarnya adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk mengaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari. Selama ini ditemukan bahwa hasil evaluasi atau belajar mata pelajaran ekonomi masih rendah hal ini dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran yang belum berorientasi pada kehidupan nyata sebagaimana yang diharapkan oleh warga belajar mengingat warga belajar merupakan masyarakat yang sudah berusia dewasa dan telah memiliki berbagai pengalaman dalam kehidupannya. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran ekonomi kepada warga belajar paket C perlu ditekankan pada kehidupan nyata. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti yang bertindak sebagai tutor merencanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode Action learning. Hal ini dikarenakan metode Action learning adalah salah satu pendekatan dalam pendidikan orang dewasa yang berdasarkan prinip-prinsip andragogi. Aplikasi Action learning adalah mengajar suatu konsep/ materi yang kemudian dihubungkan dengan tindakan dan pengalaman langsung sehingga dirasa dapat membantu permasalahan warga belajar dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencangkup bagaimana metode action learning yang berbasis pra koperasi diterapkan apakah metode action learning yang berbasis pra koperasi dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Prof. M. Soedomo Jl. Raya Krajan No.30 Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang pada bulan Februari-April 2011. Warga belajar yang dilibatkan sebanyak 14 orang dengan rentang usia antara 17-25 tahun. Hasil penelitian tindakan yang dilakukan bahwa penggunaan Action learning dalam pembeajaran ekonomi paket C PKBM Prof. M. Soedomo dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi warga belajar dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan untuk mengambangkan penelitian ini pada mata pelajaran lain yang juga masih memiliki hasil belajar yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item