Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif tentang materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang / Tiara Widya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif tentang materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang / Tiara Widya Sari

Sari, Tiara Widya (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif tentang materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang / Tiara Widya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Tiara Widya. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Pesawat Sederhana Multimedia pembelajaran interaktif adalah sebuah multimedia yang dalam penggunaannya dapat dikontrol dan dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih mana yang akan dipelajari terlebih dahulu. Pengembangan multimedia ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya penggunaan media terutama pada pembelajaran IPA kelas V pada materi tentang pesawat sederhana. Selain itu masih kurangnya nilai hasil belajar siswa yang ditandai dengan masih ada siswa yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu sebanyak 25 93%. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan produk yaitu multimedia pembelajaran interaktif yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu guru dalam menyampaikan materi di kelas. (2) menguji tingkat keefektifan multimedia pembelajaran interaktif jika diterapkan dalam pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004). Tahap dari model Lee dan Owens adalah sebagai berikut (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap implementasi dan (5) tahap evaluasi. Pada tahap analisis terdapat 2 tahap yaitu analisis kebutuhan (Need assesment) dan analisis awal dan akhir (front-end analysis). Multimedia pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media ahli materi dan audiens/siswa. Persentase hasil validasi ahli media sebanyak 91 67% persentase ahli materi sebanyak 96 67% presentasi uji coba audiens/siswa kelompok kecil sebanyak 96 67% uji coba klasikal sebanyak 89 28%. Dari data analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat 27 siswa atau seluruh siswa berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA pokok Bahasan pesawat sederhana kelas V efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item