Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pengembangan kecerdasan spiritual anak di PAUD Restu Bunda Lawang Kabupaten Malang / Kristina Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pengembangan kecerdasan spiritual anak di PAUD Restu Bunda Lawang Kabupaten Malang / Kristina Yuliani

Yuliani, Kristina (2011) Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pengembangan kecerdasan spiritual anak di PAUD Restu Bunda Lawang Kabupaten Malang / Kristina Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Kecerdasan Spiritual Kualitas kehidupan bangsa ditentukan oleh faktor pendidikan karena melalui pendidikan tercipta sumber daya manusia yang cerdas kreatif beriman dan memiliki daya saing tinggi. Untuk meningkatkan sistem pendidikan nasional pemerintah telah melakukan banyak usaha antara lain peningkatan mutu pendidikan formal nonformal dan informal. Dampak dari upaya pengembangan sistem pendidikan nasional itu telah dirasakan baik secara kuantitatif maupun kualitatif namun disisi lain masih terdapat permasalahan antara lain menyangkut pemerataan relevansi efisiensi dan kualitas pendidikan yang memerlukan solusi pemecahan. untuk membentuk calon generasi penerus bangsa yang berkualitas maka cara pembinaan pada anak usia dini harus ditempuh melalui multi cara yaitu pembinaan di sekolah di rumah dan lingkungan masyarakat. Salah satu pembinaan anak usia dini adalah dirumah dan aspek ini tidak akan lepas dari peranan orang tua. Orang tua dapat melakukan melakukan pembinaan dari kebiasaan anak beribadah secara berjamaah tata karma dengan orang yang lebih tua sopan santun dan cara beretika yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan spiritual keagamaan anak (2) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan sosial keagamaan anak (3) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan etika sosial anak (4) hubungan antara jenis pekerjaan orang tua dengan spiritual keagamaan anak (5) hubungan antara jenis pekerjaan orang tua dengan sosial keagamaan anak (6) hubungan antara jenis pekerjaan orang tua dengan etika sosial anak (7) hubungan antara jumlah penghasilan orang tua dengan spiritual keagamaan anak (8) hubungan antara jumlah penghasilan orang tua dengan sosial keagamaan anak (9) hubungan antara jumlah penghasilan orang tua dengan etika sosial anak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini adah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan spiritual keagamaan anak usia dini dengan r hitung 0.610 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat pendidikan orang tua dengan sosial keagamaan pada anak usia dini dengan r hitung 0.527 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat pendidikan orang tua dengan etika sosial pada kecerdasan spiritual anak usia dini r hitung 0.638 (4) jenis pekerjaan orang tua dengan spiritual keagamaan anak usia dini terdapat hubungan yang signifikan dengan t empirik 23 38 (5) jenis pekerjaan orang tua dengan sosial keagamaan anak usia dini terdapat hubungan yang signifikan dengan t empirik 43 065 (6) jenis pekerjaan orang tua dengan etika sosial anak usia dini terdapat hubungan yang signifikan dengan t empirik 35 179 (7) Terdapat hubungan yang signifikan antara jumlah penghasilan orang tua dengan spiritual keagamaan anak usia dini dengan r hitung 0.582 (8) Terdapat hubungan yang signifikan antara penghasilan orang tua dengan sosial keagamaan anak usia dini dengan r hitung 0.524 (9) Terdapat hubungan yang signifikan antara penghasilan orang tua dengan etika sosial anak usia dini r hitung 0.551. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang peneliti ajukan adalah (1) Diharapkan orang tua lebih memperhatikan pengembangan kecerdasan spiritual anak. Tidak ada kemungkinan orang tua yang status sosial ekonomi tinggi keserdasan spiritual anak tinggi pula. Atau orang tua yang status sosialnya rendah kecerdasan spiritual anak bias tinggi pula. Semua itu bisa terjadi karena faktor lingkungan juga (2) Lingkungan sekolah sangatlah mempengaruhi semua itu dilihat dari segi pembelajaran tutor. Dan media belajar. Oleh sebab itu diharapkan lembaga dapat memberikan fasilitas yang bagus seperti menyediakan media yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan belajar standar tutor yang setara dengan ahli dibidang PAUD serta memberikan situasi pembelajaran yang nyaman aman serta tidak membuat anak bosan atau jenuh (3). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mutu PAUD salah satunya mengoreksi memperkaya bahkan memperkuat teori tentang status sosial ekonomi dengan kecerdasan spiritual yang ada pada lingkungan masyarakat (4) Diharapkan peneliti selanjutnya untuk melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Pendidikan Anak Usia Dini khususnya tentang pengembangan kecerdasan spritual anak usia dinisegi status sosial orang tua dan dapat digunakan untuk penelitia-penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4888

Actions (login required)

View Item View Item