Pengaruh Ape terhadap kreativitas anak usia dini di PAUD lab PLS Arjowinangun Kec. Kedungkandang Malang / Yuniar Asri Windani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Ape terhadap kreativitas anak usia dini di PAUD lab PLS Arjowinangun Kec. Kedungkandang Malang / Yuniar Asri Windani

Windani, Yuniar Asri (2011) Pengaruh Ape terhadap kreativitas anak usia dini di PAUD lab PLS Arjowinangun Kec. Kedungkandang Malang / Yuniar Asri Windani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh APE Kreativitas anak usia dini. Usia Pra sekolah merupakan usia paling peka bagi anak. Karena itu ia menjadi titik tolak yang sangat strategis untuk mengukir kualitas seseorang anak dimasa depan. Anak kaya akan daya khayal pikir rasa ingin tahu dan kreatifitas yang tinggi. Para ahli psikologi mengatakan bahwa kreativitas anak dapat dimulai sejak usia 3 tahun dan mencapai puncaknya sampai 4 5 tahun. Untuk meningkatkan kreativitas anak diperlukan rangsangan yaitu dengan permainan yang mendidik dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir berbahasa serta bergaul dengan orang yang lain. Alat permainan edukatif sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Diantara alat permainan edukatif yang meningkatkan kreativitas adalah Plastisin Crayon Puzzle Balok Bentuk Angka dan Huruf dapat melatih membaca dan berhitung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendiskripsikan pengaplikasian APE di PAUD LAB Site PLS UM. Dan mendiskripsikan kreativitas anak usia dini di PAUD LAB Site PLS UM. Serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh APE terhadap Kreativitas anak usa dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang berupa menghitung data mengolah menganalisis dan menafsirkan angkaangka hasil perhitungan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis APE seperti plastisin crayon balok puzzle bentuk angka dan huruf di PAUD LAB Site PLS UM dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Alat permainan edukatif menurut orang tua murid di PAUD LAB Site PLS UM berpengaruh terhadap kreativitas anak usia dini pada umumnya baik. Ini juga dapat dilihat pengaplikasian APE dan Kreativitas anak usia dini tidak jauh beda bisa dikatakan seimbang karena sama-sama tergolong kategori baik. Saran dari peneliti adalah (1) bagi orang tua hendaknya selalu menyediakan sesuatu yang dibutuhkan seperti halnya alat permainan yang bisa didapat dengan cara membeli membuat sendiri dan sebagainya dan juga memberi motivasi anak untuk bermain akan tetapi orangtua juga harus membimbing anak agar tidak bermain sampai berlebihan (2) bagi PAUD LAB Site PLS UM sebaik dapat mengoptimalkan APE yang sudah tersedia (3) bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti di satuan pendidikan yang berbeda agar dapat hasil yang beragam dan juga dapat menambahkan variabel lain untuk diteliti (4) bagi jurusan PLS hendaknya menanbah kepustakaan mengenai PAUD atau khususnya pengaruh APE terhadap kreativitas anak usia dini paling tidak pustaka tentang kreativitas anak usia dini itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item