Pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C (studi kasus di SKB Kota Malang) / Chandra Yuliarta Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C (studi kasus di SKB Kota Malang) / Chandra Yuliarta Putra

Putra, Chandra Yuliarta (2011) Pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C (studi kasus di SKB Kota Malang) / Chandra Yuliarta Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket C Pengelolaan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Setara SMA merupakan program pendidikan tingkat SMA bagi warga masyarakat yang putus sekolah SMA atau lulusan SMP yang tidak dapat melanjutkan ke SMA/SMK. SKB Kota Malang merupakan salah satu penyelenggara program pendidikan kesetaraan Paket C sebagai bentuk kegiatan pendidikan luar sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan berbagai kegiatan pembelajaran diantaranya jadwal yang tertata namun kehadiran tutor tidak sesuai dengan jadwal bahan belajar atau modul berasal dari tutor serta penyediaan media pembelajaran yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran program pendidikan Kesetaraan Paket C SKB Kota Malang dan faktor pendukung dan penghambat pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis teori - teori pembelajaran pendapat para pakar dan temuan data Pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran (1) Tujuan pembelajaran tutor didasarkan pada materi ajar melalui pengembangan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. (2) Penyiapan materi pembelajaran menggunakan modul pendidikan kesetaraan beracuan pada kurikulum pendidikan kesetaraan dengan menambah rujukan dari buku acuan lain. (3) Strategi pembelajaran menggunakan pembelajaran kelompok dan mandiri. (4) Metode Pembelajaran yang diterapkan (a) ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton membuat warga belajar merasa jenuh sehingga sering meninggalkan kelas. (b) Melakukan review (ulangan) bahan pelajaran namun kurang berjalan secara efektif karena tidak melibatkan semua warga belajar. (c) Memberikan latihan sebagai feedback namun tidak berjalan secara maksimal dengan tidak terdorongnya inisiatif dari warga belajar untuk bertanya. (5) Media pembelajaran terbatas papan tulis. Serta media praktek yang merupakan kreatifitas dari tutor. Pelaksanaan pembelajaran (1) Tutor tidak melakukan prosedur pengelolaan kelas hanya mendinamiskan suasana kelas yang ramai. (2) Motivasi dilakukan oleh tutor secara internal dan motivasi eksternal dilakukan oleh pengelola. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada akhir penyampaian materi pelaksanaan ujian tengah semester ujian akhir semester dan ujian nasional. Faktor pendukung kesesuaian waktu belajar dengan kebutuhan warga belajar. Faktor penghambatnya minimnya bahan ajar (buku paket) serta kurangnya pengetahuan tutor tentang prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item