Hubungan antara kemampuan beraksara dengan keberdayaan diri warga belajar program keaksaraan tingkat dasar Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Wiesky Aryo Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan beraksara dengan keberdayaan diri warga belajar program keaksaraan tingkat dasar Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Wiesky Aryo Wibowo

Wibowo, Wiesky Aryo (2011) Hubungan antara kemampuan beraksara dengan keberdayaan diri warga belajar program keaksaraan tingkat dasar Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Wiesky Aryo Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan beraksara keberdayaan diri Desa Karangduren Kemampuan beraksara dalam masyarakat di anggap mempunyai peranan yang penting guna pembangunan suatu daerah. Hal ini karena kemampuan beraksara yang meliputi membaca menulis dan berhitung bukan sekedar kemampuan mekanis semata tetapi juga merupakan kemampuan intelektual yang dapat digunakan untuk memperluas pengetahuan mengembangkan nilai-nilai dan sikap serta mengembangkan keterampilan dan perilaku orang atau masyarakat yang menguasainya. Dengan kemampuan beraksara seorang dan masyarakat akan memiliki tingkat keberdayaan yang lebih baik dari mereka yang masih buta aksara. Keberdayaan adalah suatu kondisi dimana masyarakat mampu memandirikan dirinya melalui perwujutan yang nyata dengan potensi yang ada dalam dirinya sendiri dan berdasarkan kemampuan yang mereka miliki dalam penelitian ini keberdayaan adalah kemampuan seseorang dalam mendapatkan informasi rasa kepercayaan diri dan mengutarakan pendapat. Rancangan penelitian ini berupa penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara kemampuan beraksara yang meliputi kemampuan membaca menulis dan berhitung dengan tingkat keberdayaan yang meliputi mendapatkan informasi percaya diri dan mengutarakan pendapat pada warga belajar program keaksaraan fungsional di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dengan jumlah populasi keseluruhan yaitu 100 orang warga belajar. Untuk penentuan pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sedangkan cara untuk menentukan jumlah sampel peneliti mengambil berdasarkan tabel sampel random dengan taraf kepercayaan 95% maka dengan dasar pemikiran tersebut terpilih 80 orang warga belajar yang akan menjadi reponden penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel yang di teliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) Praktek sehari-hari dalam penggunaaan kemampuan beraksara agar terus ditingkatkan agar kemampuan tersebut dapat berkembang dan tidak hilang begitu saja (2) Desa Karangduren sebagai sebagai penentu kebijakan harus bisa memberikan kebijakan yang mendukung dan memfasilitasi agar dalam menuju masyarakat yang bebas buta aksara dapat terlaksana dengan baik (3) sebagai lembaga pendidikan yang bergerak dibidang nonformal diharapkan jurusan Pendidikan Luar Sekolah bisa memberikan layanan dan pendampingan terhadap pendidikan nonformal khususnya layanan dalam penuntasan buta aksara (4) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebagai pengayom dan lembaga pelaksana dilapangan agar dapat mendukung dan lebih giat dalam memberikan sosialisasi tentang program-program non formal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item