Format pembelajaran pada pesantren Al-Qur'an Nurun Nisa' Kelurahan Jodipan Kota Malang / Siti Nur Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Format pembelajaran pada pesantren Al-Qur'an Nurun Nisa' Kelurahan Jodipan Kota Malang / Siti Nur Laili

Laili, Siti Nur (2011) Format pembelajaran pada pesantren Al-Qur'an Nurun Nisa' Kelurahan Jodipan Kota Malang / Siti Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Karekteristik Warga Belajar Fasilitator. Pendidikan Non Formal dalam UU Sisdiknas 2003 adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang seperti halnya majelis takllim pondok pesantren serta satuan pendidikan yang sejenis. Adanya jalur non formal dalam hal ini tertuju pada pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk membantu warga belajar dan masyarakat sehingga mereka selalu belajar tentang nilai-nilai sikap pengetahuan dan keterampilan fungsional yang diperlukan untuk mengaktualisasi diri dan membangun masyarakat dengan selalu berorientasi pada kemajuan kehidupan. Pesantren mengkaji berbagai ilmu agama mulai dari yang dasar/ pemula sampai kelas dewasa . Pesantren merupakan sebuah tempat berkumpulnya para warga belajar untuk mencari ilmu namun tidak menyediakan ruangan atau pondok untuk menginap sehingga seluruh warga belajarnya berangkat belajar dari rumah masing-masing. Dalam upaya penyelenggaraan program pesantren tidak akan terlepas dengan peran fasilitator serta semangat dari warga belajar untuk mengikuti proses pembelajaran. Fasilitator memegang peranan penting pada peningkatan dan pengembangan aspek afektif kognitif dan psikomotorik dari warga belajarnya. Dalam pembelajaran tidak mengenal unsur paksaan dalam belajar karena dalam proses pembelajarannya berlandaskan pada prinsip-prinsip andragogi meskipun warga belajarnya terdiri dari berbagai usia atau usia di dalam kelasnya tidak sebaya atau campuran Meski demikian pengaruh pengondisian suasana belajar yang dilakukan oleh fasilitator untuk menciptakan pengalaman belajar tetap dibutuhkan. Oleh karena itu kerjasama dan kualitas dari elemen pesantren adalah suatu tuntutan yang harus dipenuhi agar tujuan dari pembelajaran dapat terpenuhi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pengamatan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Mengelola data dengan menciptakan dan mengorganisasikan fail untuk data. Membaca dan membuat catatan yang menghasilkan catatan-catatan berdasarkan lintas pertanyaan dan refleksi. Mendeskripsikan kasus yang ditemukan dilapangan dan konteksnya. Mengklasifikasi menginterpretasi yang menghasilkan konteks kategori dan komparasi (diperbandingkan) antara temuan data satu dengan data yang lainnya.Menafsirkan dengan interpretasi langsung terhadap temuan penelitian serta mengembangkan generalisasi naturalistik. Menyajikan dan menvisualisasikan secara naratif yang didukung dengan tabel dan gambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item