Kajian implementasi school empowering programe bidang keahlian tata boga di SMA Islam Kepanjen Malang / Imroatul Amanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi school empowering programe bidang keahlian tata boga di SMA Islam Kepanjen Malang / Imroatul Amanah

Imroatul (2012) Kajian implementasi school empowering programe bidang keahlian tata boga di SMA Islam Kepanjen Malang / Imroatul Amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi school empowering programe Tata Boga SMAI Kepanjen School Empowering Programe dilakukan sebagai usaha untuk memberikan pembekalan kepada siswa dengan tujuan agar lulusan nantinya memiliki keterampilan khusus setingkat Sekolah Menengah Kejuruan dan dapat membekali siswa sesuai dengan bakat yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi serta mendeskripsikan tentang kajian implementasi school empowering programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen. Rancangan penelitian adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara (1) wawancara sebagai sumber data meliputi Kepala Bagian School Empowering Programe Staff Kepala Bagian School Empowering Programe di SMA Islam Kepanjen Pemateri dari Universitas Negeri Malang dan penguji dari Universitas Negeri Malang (2) observasi dan sumber data meliputi kegiatan pembelajaran tata boga di kelas dan pembelajaran tata boga di laboratorium dan (3) dokumentasi serta sumber data berupa dokumen RPP Silabus foto kegitan pembelajaran di kelas teori foto kegiatan pembelajaran di laboratorium dan dokumen-dokumen yang terkait dengan school empowering programe berupa hasil pendapat dari informan proses pembelajaran daftar materi yang di pelajari oleh siswa dan salah satu foto copy dari contoh sertifikat uji kompetensi dari Universitas Negeri Malang. Proses analisis yang digunakan yaitu reduksi data display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Perencanaan Perencanaan pembelajaran School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen dibuat pada awal tahun pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran meliputi 1) RPP 2) Silabus yang dibuat oleh guru. Pembelajaran School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen dilakukan dalam bentuk pelaksanaan pembelajaran di kelas dan laboratorium. Pelaksanaan pembelajarannya dikelas dan dilaboratorium meliputi materi yang diajarkan sebelum memulai pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi. Kecakapan pemateri dalam penggunaan metode dan media pembelajaran memperoleh tanggapan baik dari siswa yang mengikuti tata boga. Evaluasi dalam School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga di SMA Islam Kepanjen terdiri dari evaluasi siswa pemateri dan penyelenggara. Evaluasi peserta ditujukan untuk mengukur pengetahuan keterampilan dan sikap dari siswa selama mengikuti pembelajaran. Evaluasi pemateri dilakukan untuk menilai performa pemateri dalam mengajar. Evaluasi penyelenggara digunakan sebagai pertimbangan pengembangan penyelenggaraan School Empowering Programe Bidang Keahlian Tata Boga. Kendala ii implementasi School Empowering Programe di SMA Islam Kepanjen (a) terbatanya fasilitas alat yang dibutuhkan (b) terbatasnya waktu pembelajaran dan (c) kegiatan yang tidak setiap hari. Saran yang diberikan adalah hendaknya kepala sekolah dan kepala bagian School Empowering Programe disarankan mengevaluasi dan adanya perbaikan bagi School Empowering Programe di SMA Islam Kepanjen sebagai penyelenggara untuk lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan berikutnya. Kepada ketua jurusan teknologi industri di Universitas Negeri Malang disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evalusi kedepannya mengingat hampir dua tahun belum ada evaluasi serta dan tambahan bahan kajian terkait dengan pengembangan sekolah di bidang tata boga. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukkan pengembangan bahan ajar (modul) dalam proses pembelajaran School Empowering Programe di SMA Islam Kepanjen karena modul tata boga jilid 1 dan jilid 2 masih kurang sempurna. Hal ini terlihat tidak adanya standar isi daftar isi peta kedudukan modul glosarium pendahuluan (deskripsi umum prasyarat tujuan petunjuk penggunaan modul) kegiatan belajar (materi latihan soal instrumen penilaian dan kunci jawaban).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48632

Actions (login required)

View Item View Item