Penggunaan scrabble sebagai media pembelajaran dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang / Eky Roziana Nugrahawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan scrabble sebagai media pembelajaran dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang / Eky Roziana Nugrahawati

Nugrahawati, Eky Roziana (2011) Penggunaan scrabble sebagai media pembelajaran dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang / Eky Roziana Nugrahawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci scrabble media pembelajaran pemberdayaan anak jalanan. Lembaga pemberdayaan anak jalanan Griya Baca Malang merupakan lembaga yang mengadakan kegiatan pembinaan untuk anak jalanan. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh lembaga ini seperti memberikan pembelajaran tentang materi yang ada di sekolah (bimbingan belajar) kegiatan mengaji Iqra dan Qur an belajar tari dan belajar musik. Dalam suatu kegiatan pembelajaran kadangkala membutuhkan media dalam pembelajarannya. Penggunaan media pembelajaran dengan permainan scrabble merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat diberikan untuk anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) kegiatan pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang (b) proses penggunaan scrabble sebagai media pembelajaran dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang. Dalam penelitian ini menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga pemberdayaan anak jalanan Griya Baca serta proses penggunaan scrabble bagi anak jalanan di Griya Baca Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan prosedur pengumpulan data dan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di alun-alun Kota Malang Jalan Merdeka Selatan tepatnya di depan Kantor Pos Pusat Malang dan di sekretariat di Jalan Kyai Thamin IC No. 20 Malang. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data kategorisasi kemudian mendeskripsikan hasil analisis data dalam bentuk narasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang merupakan kegiatan pendidikan luar sekolah sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dalam hal ini adalah anak jalanan. Bentuk pemberdayaan di Griya Baca adalah melalui pendidikan luar sekolah yaitu kegiatan-kegiatan pembelajaran yang positif yang dapat memberikan wawasan keterampilan dan juga menggali kemampuan dan potensi yang dimiliki diri anak sehingga memunculkan bakat yang bisa dijadikan sebagai salah satu kelebihan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa proses penggunaan scrabble sebagai media pembelajaran dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang meliputi penyiapan peralatan yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan berupa diskusi antara tutor dengan adik binaan. Dalam permainan scrabble sebagai media pembelajaran adik binaan diajak untuk menyusun huruf menghitung angka dan berdiskusi. Upaya pemberdayaan yang dilakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan scrabble ini adalah (a) meningkatkan kemampuan adik binaan dalam berdiskusi dan tidak malu untuk mengungkapkan pendapatnya (b) mengajak adik binaan lebih kreatif dalam memanfaatkan letter yang dimiliki (c) memunculkan kesadaran adik binaan untuk saling bekerja sama. Dari penelitian ini disarankan kepada kalangan akademisi agar temuan tentang cara pembelajaran dengan menggunakan permainan scrabble dalam pemberdayaan anak jalanan di Griya Baca Malang ini dapat dijadikan sebagai bahan mengembangkan program pendidikan luar sekolah dalam hal pengembangan media pembelajaran. Anak jalanan merupakan sasaran pendidikan luar sekolah sehingga perlu adanya variasi kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang nyata untuk anak jalanan. Selain itu disarankan kepada masyarakat agar hasil penelitian berupa cara pembelajaran dengan permainan scrabble ini tidak hanya untuk anak jalanan saja akan tetapi juga dapat digunakan untuk masyarakat luas. Permainan scrabble bisa membantu dalam kegiatan pembelajaran sehingga permainan ini bisa lebih sering digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan scrabble juga dapat digunakan dengan metode yang lain sehingga dapat memperbanyak variasi pembelajaran untuk anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item View Item