Persepsi peserta didik tentang kemandirian (studi kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Blitar) / Agus Fawaid - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta didik tentang kemandirian (studi kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Blitar) / Agus Fawaid

Fawaid, Agus (2011) Persepsi peserta didik tentang kemandirian (studi kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Blitar) / Agus Fawaid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi kemandirian peserta didik UPT PSRT Blitar Salah satu upaya untuk menumbuhkan kemandirian pada remaja dapat dilakukan melalui pemberian bekal keterampilan yang tergolong produktif dan tugas pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Bertujuan untuk melatih kesadaran remaja dalam melaksanakan tugas hak dan kewajibannya sesuai dengan kemampuannya. Permasalahan yang diteliti (1) aktivitas pemandirian peserta didik di UPT PSRT Blitar (2) kesan peserta didik pada pemandirian di UPT PSRT Blitar dan (3) kesan peserta didik pada kemandirian di UPT PSRT Blitar. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif studi kasus. Besar sampel yaitu 85 peserta didik dan merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu (1) angket (instrumen utama) (2) wawancara (instrumen pendukung) dan (3) dokumenter (instrumen pendukung). Pelaksanaan pengumpulan data secara keseluruhan antara bulan Maret sampai April 2011 sedangkan data dari angket dilakukan minggu ke 2 bulan April 2011. Pengolahan dan analisis statistik yang dipakai adalah kuantitatif memakai statistik deskriptif dan dihitung dengan persentase. Hasil yang diperoleh dan disimpulkan bahwa Lembaga UPT PSRT Blitar melaksanakan aktivitas yang berhubungan dengan menumbuhkan kemandirian meliputi (1) bimbingan orientasi (2) bimbingan fisik (3) bimbingan mental dan sosial (4) bimbingan keterampilan (5) Praktek Belajar Kerja (PBK) (6) bimbingan lanjut dan (7) kegiatan penunjang berupa (a) apel pagi dan malam serta (b) pembentukan pengurus Karang Taruna. Kesan peserta didik pada pemandirian di UPT PSRT Blitar memiliki skor 1969 dengan persentase 85 8% maka dapat dikategorikan sangat memahami. Kesan peserta didik pada kemandirian memiliki skor 4253 dengan persentase 79 4% dikategorikan memahami. Saran yang diajukan dari temuan tentang aktivitas pemandirian kesan peserta didik pada pemandirian dan kesan peserta pada kemandirian yaitu menciptakan lingkungan dan menyediakan atau menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung perubahan kearah mandiri dan perkembangan kepribadian remaja seutuhnya. Memperluas dan mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan kemandirian peserta didik salah satunya di bidang pelatihan. Menjadi sarana dan wawasan bagi mahasiswa tentang keadaan di UPT PSRT Blitar. Diharapkan ada penelitian lanjutan tentang kemandirian peserta didik terutama tentang tema yang serupa dan lebih bervariatif. Penelitian ini bernuansa kuantitatif maka penelitian lanjutan bisa menggunakan penelitan gabungan kuantitatif kualitatif yang hasilnya akan lebih mendalam. Dengan demikian kualitas hasil penelitian selanjutnya lebih bermanfaat dan saling melengkapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item View Item