Model pembelajaran pendidikan luar sekolah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Lowokwaru Malang / Yayuk Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran pendidikan luar sekolah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Lowokwaru Malang / Yayuk Fitriani

Fitriani, Yayuk (2011) Model pembelajaran pendidikan luar sekolah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Lowokwaru Malang / Yayuk Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah Pondok Pesantren Pondok pesantren merupakan bagian dari pendidikan luar sekolah yang bernaung di bawah Kementrian Agama. Pondok pesantren (pontren) tetap eksis dan konsisten dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pembelajaran agama Islam (tafakuh fi dien) untuk menarik serta menanamkan kesan tetap eksis pontren menawarkan berbagai model dalam pembelajarannya. Model pembelajaran yang ditawarkan di pontren meliputi sorogan balahan hafalan dan tabarok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman profil prinsip model pembelajaran dan harapan santri di pontren dan bisa menggunakannya sebagai acuan untuk merumuskan model pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di Pontren Hidayatul Mubtadi in yang berlokasi di Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitiannya adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data natural setting sedangkan teknik penggalian datanya adalah dengan observasi berperan serta (participan observation) wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah triangulasi tiga sisi sehingga data yang diperoleh tersebut merupakan data yang benar dan valid juga dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pontren ini didirikan oleh Almaghfurllah salafy dengan manajemen modern dan misinya mengembangkan nilai-nilai keIslaman ahlusunnah wal jamaah melalui pendidikan formal non-formal dan informal pada masyarakat yang berwawasan rohmatan lil alamiin dan tujuannya membantu masyarakat mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran yang berlangsung di pontren tersebut memakai prinsip pembelajaran yang klasik tradisionalsalafiyah. Santri ingin memiliki keterampilan yang sama seperti pelajar pada umumnya sederhananya santri tidak ingin dianggap kuper. Harapan ini harus mendapat perhatian khusus agar mereka yang belajar di pontren dapat bernafas lega maka tentang sinergi antara pola pembelajaran yang Islami dan pembelajaran kehidupan umum dipandang sangat penting mengingat bahwa kesuksesan santri dalam kehidupan bermasyarakat bisa dioptimalkan dengan menyeimbangkan antara ilmuilmu agama dengan pengetahuan selaras dengan visi misi dan tujuan pontren. Dengan model pembelajaran yang ada di pontren pendidkan luar sekolah bisa menjadikan pontren sebagi lembaga pengembangan masayarakat resminya di dalam pontren maupun masyarakat sekitar pontren. Menjadikan pontren tersertifikasi ijazahnya seperti program PLS lainnya sehingga pontren bisa berperan optimal terhadap peran-peran yang memungkinkan untuk dilakukan dan tidak hanya sebagai tambahan dalam tatanan masyarakat. Berdasarkan pada hasil penelitian model pembelajaran luar sekolah di Pontren Hidayatul Mubtadi in ini maka disarankan (1) Untuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah agar proses pendidikan luar sekolah mengembangkan kemitraannya dengan pontren sebagai salah satu bidang garapan pendidikan luar sekolah (2) bagi lembaga hasil penelitian model pembelajaran pendidikan luar sekolah di Pontren Hidayatul Mubtadi in ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengkomunikasikan tentang kesinergian antara pola pembelajaran yang Islami dengan pembelajaran berwawasan umum. KH. Agus Salim Mahfudz pada tahun 1972 berupa pondok salafiyah dan pada tahun 1989 berdirilah yayasan pendidikan Islam (YPI) yang menaungi Pontren yayasan yatim piatu PAUD RA MI MTs dan MA. Visinya adalah menyelenggarakan pendidikan berwawasan keIslaman yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item