Penerapan metode hanifida pada pelatihan menghafal cepat (studi kasus di Laa Raiba Hanifida Training Center) / Prehaning Yuni Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode hanifida pada pelatihan menghafal cepat (studi kasus di Laa Raiba Hanifida Training Center) / Prehaning Yuni Astuti

Astuti, Prehaning Yuni (2011) Penerapan metode hanifida pada pelatihan menghafal cepat (studi kasus di Laa Raiba Hanifida Training Center) / Prehaning Yuni Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan metode hanifida untuk menghafal cepat asmaul husna (2) penerapan metode hanifida untuk menghafal cepat pelajaran dan (3) penerapan metode hanifida untuk menghafal cepat surat terpopuler Al-Qur an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan rangcangan studi kasus yang adakan di Laa Raiba Hanifida Training Center yaitu di pusat Jombang Kertosono Kabupaten Nganjuk dan Maron Kabupaten Probolinggo. Pada penggalian data digunakan teknik (1) wawancara (2) observasi (3) studi dokumentasi dan (4) studi literatur. Analisis data yang digunakan (1) reduksi data (2) display data dan (3) verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan digunakan triangulasi dan ketekunan peneliti. Kesimpulan penelitian ini pertama metode hanifida merupakan metode yang unik dan ekspresif cara cepat menghafal asmaul husna pelajaran dan surat terpopuler Al-Qur an. Metode hanifida memiliki ekspresi variatif cerita lebih merakyat lucu aneh dan lebih mengena pada sasaran. Kata kunci lebih kreatif dan dilengkapi dengan buku modul bergambar sebagai penguat imajinasi. Menggunakan sistem belajar verbal yaitu menggunakan visual auditorial dan kinestetik. Mengkombinasikan metode ceramah diskusi demonstrasi dan percobaan atau simulasi. Metode hanifida menggunakan otak kiri dan otak kanan. Ada tiga langkah dalam menghafal cepat asmaul husna asmaul husna dengan sistem cantolan dan memasukkan sistem rumus angka ke dalam materi inti ke dalam asmaul husna . Cara belajar asmaul husna memiliki tiga kunci yaitu nomor urut arti dan asmaul husnanya. Kedua peserta dapat mengembangkan menghafal cepat dengan metode hanifida pada pelajaran sesuai selera. Ketiga ada dua hal pelatihan asmaul husna yaitu sudah pernah belajar asmaul husna metode hanifida dan pernah menghafal meskipun masih sering lupa ingat atau minimal pernah membaca surat terpopuler tersebut sehingga membantu pada saat pelatihan. Kata Kunci Metode Hanifida dan Menghafal Cepat dengan metode hanifida yaitu sepakat bahwa asmaul husna berjumlah 99 menghafal rumus angka primer dan sekunder untuk mengetahui urutan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item