Peningkatan nilai standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga berdasarkan menu melalui metode "problem based learning" (studi pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Kartika IV-1 Malang) / Linda Prasetiyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan nilai standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga berdasarkan menu melalui metode "problem based learning" (studi pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Kartika IV-1 Malang) / Linda Prasetiyowati

Linda (2009) Peningkatan nilai standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga berdasarkan menu melalui metode "problem based learning" (studi pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Kartika IV-1 Malang) / Linda Prasetiyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetiyowati Linda. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Standar Kompetensi Merencanakan dan Mengontrol Jasa Boga melalui Metode Problem Based Learning Siswa Kelas XI Tata Boga SMK Kartika IV-1 Malang. Skripsi Program studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nunung Nurjanah M. Kes (2) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci problem based learning hasil belajar aktivitas belajar. Sesuai dengan keputusan mendiknas No. 22 tahun 2006 bahwa prinsip pembelajaran standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga berfokus pada pemecahan masalah dengan dimulai dari Contextual problem (pembelajaran berbasis masalah). PBL adalah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia nyata. PBL menyiapkan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis serta mampu untuk mendapatkan dan menggunakan secara tepat sumber-sumber pembelajaran. PBL membantu siswa untuk mengembangkan ketrampilan dalam memberikan alasan dan berfikir ketika mereka mencari data atau informasi agar mendapatkan solusi untuk suatu masalah yang otentik.Simulasi masalah digunakan untuk mengaktifkan keingintahuan siswa sebelum mulai mempelajari suatu subyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan nilai standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga melalui PBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kartika IV-1 Malang kecamatan Blimbing Malang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara (1) pemberian angket/kuisioner (2) observasi (3) dokumentasi (4) wawancara (5) tes. Teknik analisis kualitatif yaitu proses tindakan dan pemaknaan. Kegiatan analisis meliputi reduksi analisis terhadap data yang di peroleh dan pembahasan dari refleksi serta temuan-temuan yang ada di peroleh suatu kesimpulan yang di gunakan sebagai acuan pelaksanaan tindakan selanjutnya. Penerapan PBL membawa pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari adanya peningkatan rata-rata presentasi ketuntasan hasil belajar Meningkatnya rata-rata nilai ulangan harian dari 5 9 (siklus I) sebelumnya menggunakan pembelajaran problem based learning menjadi 6 63 (siklus II) dan 7 61 (siklus III) setelah menggunakan pembelajaran problem based learning. Setelah di adakan penelitian ini ada beberapa saran yang di perkirakan dapat meningkatkan hasil belajar standar kompetensi merencanakan dan mengontrol jasa boga dengan PBL. Beberapa saran tersebut adalah (1) meneruskan penggunaan PBL dalam pembelajaran produktif tata boga karena penelitian ini bersifat sementara (2) perlunya memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran (3) mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dan meningkatkan profesionalnya dalam mengelola pembelajaran baik melalui kelompok kerja guru atau di uji cobakan pada pelajaran-pelajaran yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48541

Actions (login required)

View Item View Item