Motivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis al-Qur'an di pengajian al-Ghuraba / Muhammad Ihwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis al-Qur'an di pengajian al-Ghuraba / Muhammad Ihwan

Ihwan, Muhammad (2011) Motivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis al-Qur'an di pengajian al-Ghuraba / Muhammad Ihwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Motivasi Belajar Orang Dewasa Pengajian Baca-Tulis Al-Qur an Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Proses pendidikan dapat dilakukan melalui tiga jalur yaitu jalur pendidikan formal jalur pendidikan non formal jalur pendidikan informal. Pengajian sebagai satuan sejenis merupakan kegiatan yang dikembangkan melalui jalur pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas anak-anak remaja atau orang dewasa khususnya dalam bidang agama. Pengajian Al-Ghuraba adalah lembaga pendidikan yang bertujuan membimbing orang dewasa dalam belajar baca-tulis Al-Qur an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi Pengajian Al-Ghuraba faktor-faktor yang memotivasi belajar orang dewasa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat orang dewasa belajar di Pengajian Al-Ghuraba. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan bila data yang diperoleh dari studi dokumentasi dan observasi dianalisis dengan menggunkan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yakni (1) keadaan Pengajian Al-Ghuraba mempunyai peserta didik berjumlah 45 orang peserta didik di Pengajian Al-Ghuraba kebanyakan berusia antara 54 sampai 60 tahun dan pengajian Al-Ghuraba memiliki sarana dan prasarana yang cukup baik (2) faktor-faktor yang memotivasi belajar orang dewasa dalam belajar baca-tulis Al-Qur an yang meliputi faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik hasil penelitian faktor ekstrinsik terdiri dari (a) faktor sarana-prasarana cukup memotivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis Al-Qur an di Pengajian Al-Ghuraba dengan persentase 70% (b) faktor pengajar sangat memotivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis Al-Qur an di Pengajian Al-Ghuraba dengan persentase 88 1% (c) faktor proses pembelajaran sangat memotivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis Al-Qur an di Pengajian Al-Ghuraba dengan persentase 87 8% dan (d) faktor layanan sangat memotivasi orang dewasa dalam belajar baca-tulis Al-Qur an di Pengajian Al-Ghuraba dengan persentase 86% serta faktor intrinsik adalah faktor diri orang dewasa sangat memotivasi belajar orang dewasa dalam pengajian baca-tulis Al-Qur an di Pengajian Al-Ghuraba dengan persentase 88 6% sedangkan (3) faktor penghambat orang dewasa dalam belajar baca-tulis Al-Qur an terdiri dari kesulitan dan belum mengerti huruf hijaiah dengan persentase 35 4% penurunan indra penglihatan dengan persentase 32 4% dan penurunan indra pendengaran dengan persentase 32 2% Dan faktor pendukung orang dewasa belajar baca-tulis Al-Qur an terdiri dari metode Jibril dengan persentase 54 8% dan suasana kebersamaan dengan persentase 45 2%. Keberhasilan yang dicapai Pengajian Al-Ghuraba adalah menghasilkan orang dewasa bisa membaca-menulis Al-Qur an dengan baik dan benar agar bisa mendidik keluarganya dalam hal ini anak-anaknya sesuai ajaran Islam dan Al-Qur an. Saran yang perlu disampaikan kepada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah sebagai berikut (1) saran untuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian yang berupa pengembangan pendidikan orang dewasa dalam hal ini kegiatan pendidikan baca-tulis Al-Qur an bagi orang dewasa guna memperluas dan mengembangkan kegiatan-kegiatan program Pendidikan Luar Sekolah yang ada di masyarakat. Sehingga program Pendidikan Luar Sekolah dapat semakin berkembang luas di masyarakat. (2) saran untuk pengelola Pengajian Al-Ghuraba diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini berupa motivasi belajar orang dewasa dalam hal ini meningkatkan kualitas pengajar berupa penambahan ustadz proses pembelajaran yang lebih menarik dan sarana dan prasarana perlu ditingkatkan dalam hal ini perlu adanya tempat kegiatan sendiri agar Pengajian Al-Ghuraba dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4853

Actions (login required)

View Item View Item