Partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini di PAUD Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Kabupaten Malang / Dyah Galuh Ayu Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini di PAUD Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Kabupaten Malang / Dyah Galuh Ayu Savitri

Savitri, Dyah Galuh Ayu (2011) Partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini di PAUD Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Kabupaten Malang / Dyah Galuh Ayu Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci partisipasi orang tua aktivitas pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) Dalam penelitian ini akan dideskripsikan mengenai partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran berbasis minat anak di rumah partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran tematik anak di rumah partisipasi orang tua dalam aktivitas pengisi waktu luang anak di rumah partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran berbasis minat anak di sekolah partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran tematik anak di sekolah dan partisipasi orang tua dalam aktivitas pengisi waktu luang anak di sekolah di PAUD Tunas Harapan Karangduren Pakisaji Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket berisi 30 pertanyaan dan diberikan kepada 30 orang tua murid dengan mengambil semua populasi yang ada. Selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini yang meliputi partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran berbasis minat anak di rumah memiliki skor total 537 dengan persentase 74 58% maka dapat dikategorikan baik b) partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran tematik anak di rumah memiliki skor total 497 dengan persentase 82 83% maka dapat dikategorikan sangat baik c) partisipasi orang tua dalam aktivitas pengisi waktu luang anak di rumah memiliki skor total 606 dengan persentase 84 17% maka dapat dikategorikan sangat baik d) partisipasi orang tua dalam aktivityas pembelajaran berbasis minat anak di sekolah memiliki skor total 390 dengan persentase 65% maka dapat dikategorikan baik e) partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran tematik anak di sekolah memiliki skor total 228 dengan persentase 63 33% maka dapat dikategorikan baik dan f) partisipasi orang tua dalam aktivitas pengisi waktu luang anak di sekolah memiliki skor total 360 dengan persentase 60% maka dapat dikategorikan baik. Jadi secara keseluruhan partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini memiliki skor total sebesar 2618 dengan persentase 72 22% maka dapat dikategorikan baik. Bertolak dari keseluruhan proses hasil penelitian ini direkomendasikan hal-hal meliputi (1) dari hasil penelitian tentang partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini menunjukkan bahwa para orang tua berpartisipasi dengan baik dalam mendampingi anak ketika proses belajar sambil bermain. Berkaitan dengan hal tersebut maka orang tua dapat mejadikan penelitian ini sebagai salah satu alternatif untuk menjadi pedoman dalam meningkatkan mutu pengetahuan anak usia dini (2) hasil penelitian tentang partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini menunjukkan bahwa para orang tua berpartisipasi dengan baik dalam mendampingi anak ketika proses belajar sambil bermain. Berkaitan dengan hal di atas maka bagi lembaga PAUD Tunas Harapan dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan kepada penyelenggara program dan guru PAUD Tunas Harapan dalam melakukan pembinaan kepada orang tua anak usia dini mengenai pentingnya partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini dalam kaitannya dengan perkembangan anak (3) hasil penelitian tentang partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini menunjukkan bahwa para orang tua berpartisipasi dengan baik dalam mendampingi anak ketika proses belajar sambil bermain. Berkaitan dengan hal di atas maka hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi mengenai partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini bagi pengembangan program konsentrasi PAUD. Sehingga jurusan PLS UM dapat menjalin hubungan kerja sama dengan lembaga lain untuk mengadakan pelatihan-pelatihan kepada orang tua anak usia din yang terkait dengan aktivitas pembelajaran anak usia dini tersebut dan (4) diharapkan ada penelitian lanjutan mengenai partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini untuk melengkapi kekurangan yang ada yaitu aktivitas pembelajaran anak usia dini yang belum dibahas dalam penelitian ini yaitu aktivitas pembelajaran bermain kreatif dan aktivitas pengasuhan bersama pada rentang usia lahir sampai 2 tahun. Oleh karena itu diperlukan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan partisipasi orang tua dalam aktivitas pembelajaran anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item